Selasa, 13 September 2016

Harga Kucing Persia: Kucing “Tua” Asli Mesopotamia

Apakah cat lovers mengenal kucing Persia? Si Manis  jenis ini tentunya tidak asing di telinga kamu sebab kucing Persia banyak dipelihara oleh pecinta kucing di seluruh dunia. Tingkahnya yang aktif dan energik tentunya memberikan kesan lively pada lingkungan rumah sang kucing sendiri.

Meski cukup dekat dengan sang kucing, apakah kamu tahu bahwa kucing Persia dipercaya berkembang sejak zaman peradaban kuno? Yups, kucing elegan berbulu panjang ini diketahui berasal dari pusat peradaban Mesopotamia – yang kemudian dikenal sebagai Persia atau Iran di zaman modern lho.
harga kucing persia
Hmmm, apakah kamu penasaran dengan perjalanan si Manis berbulu ini sekaligus ingin mengetahui harga kucing Persia asli dan campuran? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:
  • Perjalanan panjang kucing Persia
Harga kucing Persia yang cukup mahal mungkin dilatarbelakangi oleh perjalanan panjang sang kucing yang dipercaya beberapa orang sudah ada sejak zaman kuno lalu. Meski demikian, belum ada penjelasan pasti mengenai asal mula jenis ini sebab para ahli juga tidak menemukan specimen African Wildcat yang banyak ditemukan pada kucing berbulu panjang modern.

Kucing yang hingga saat ini dipercaya berkembang dengan mutasi natural ini pertama kali menarik perhatian bangsawan sekaligus penjelajah Italia abad ke-17 bernama Pietro Della Valle. Kucing yang mulanya hanya berwarna abu-abu mengkilat itu kemudian dibawa dari Khorasan ke Eropa untuk selanjutnya dikenalkan ke masyarakat zaman itu.

Hingga akhir abad ke-19 – ketika kontes dan pengembangbiakan kucing menjadi populer – jenis yang berasal dari Persia, Turki, dan Afganistan hanya dikenal sebagai kucing Asiatic. Kucing Persia kemudian ditunjukkan di Crystal Palace Cat Show di tahun 1871 yang kemudian meraih popularitas karena Ratu Victoria ternyata sangat menyukainya. Sejak saat itulah, popularitas kucing Persia semakin tinggi hingga mampu bersaing dalam daftar jenis kucing paling dicari diantara para cat lovers hingga saat ini:
  • Penampakan fisik kucing Persia
Kecintaan banyak orang terhadap jenis ini mungkin dipengaruhi oleh ciri fisik kucing Persia yang sangat menggemaskan. Seekor kucing Persia jantan umumnya mampu memiliki berat hingga lebih dari 5 kilo, sementara sang betina umumnya memiliki berat mulai dari 3-5 kilogaram.

Kucing Persia kelas champion umumnya memiliki bulu sangat panjang dan lebat dengan kaki pendek. Kuping seekor kucing Persia yang bagus memiliki jarak cukup jauh antara satu dan yang lain, sementara matanya cukup lebar dengan berbagai warna, seperti biru, copper, hijau, hazel, serta odd-eyed.

Kucing yang memiliki bulu lembut ini hadir dengan beberapa warna, mulai dari putih, merah, krem, hitam, cokelat, lilac, silver, keemasan, dan blue-cream. Beberapa kucing Persia memiliki satu warna (solid) namun tidak menutup kemungkinan bermotif tortoiseshell, bicolor, calico, tabby, smoke, shaded, dan points.
  • Kepribadian kucing Persia
Membahas harga kucing Persia tentu kurang lengkap tanpa terlebih dahulu mengetahui kepribadiannya. Kucing ini dikenal sebagai jenis yang pendiam serta elegan. Seekor kucing Persia umumnya memilih sebuah spot dalam rumah yang bisa digunakan untuk duduk dengan manis sembari menunggu dielus atau diajak bermain. Kucing Persia pada dasarnya merupakan kucing penyayang, namun umumnya sangat pemilih terutama jika bertemu dengan orang asing.

Kucing Persia bukanlah jenis yang menyukai kebisingan sebab mereka sangat menghargai ketenangan. Seekor kucing Persia umumnya memberitahu ketika dia membutukan makan, ingin bermain,d an lain sebagainya.
  • Harga kucing Persia
Kucing Persia sebagai jenis yang banyak disukai memiliki banderol harga khusus jika kamu ingin memeliharanya di rumah. Seekor kucing Persia asli dapat ditebus dengan harga mulai dari Rp3jutaan hingga mencapai Rp16jutaan. Kamu bisa mendapatkan harga kucing Persia lebih murah jika sang kucing telah mengalami perkawinan silang dengan harga mulai dari Rp250ribu hingga Rp3jutaan.
  • Perawatan kucing Persia
Sebagai hewan dengan karakteristik pendiam dan anggun, kucing Persia ternyata memiliki trik perawatan khusus. Cara merawat kucing Persia yang patut diperhatikan partama adalah bulu si Manis yang umumnya perlu disisir secara reguler untuk menghindari kekusutan. Kamu dapat menjadwalkan full grooming sekitar sekali dalam sebulan untuk mempertahankan kecantikannya.

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah litter box sang kucing yang harus selalu dijaga agar tetap bersih. Langkah ini perlu dilakukan sebab seekor kucing Persia sangat menyukai kebersihan, plus dapat berhenti menggunakan litter box yang dimiliki jika terkesan kotor. Kamu wajib menjaga kebersihan mata kucing Persia karena bagian ini umumnya sangat gampang kotor. Jangan lupa untuk selalu menggosiok giginya untuk menghindari masalah gigi yang serius.

Kamu dapat menjadikan kucing ini sebagai indoor-only pet karena si Manis bukanlah kucing yang aktif bergerak dan dinamis. Membiarkan kucing bermain tanpa pengawasan bisa mendekatkan bahaya, terutama jika dia berhadapan dengan hewan lain yang ingin menyerang.
Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika memiliki seekor kucing Persia adalah pola makan yang dimilikinya. Kucing ini adalah makhluk pendiam, sehingga sang pemilik harus mampu mengontrol nutrisinya agar selalu dalam keadaan baik. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula atau lemak agar dia tidak mengalami obesitas.

Hmmm, jadi apa kamu siap mengadopsi seekor kucing Persia? Salam cat lovers!
Harga Kucing Persia: Kucing “Tua” Asli Mesopotamia Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum