Minggu, 11 September 2016

Info Harga Kucing Anggora, Si Cantik dari Turki

“Kucing..kucing..kucing..”, hewan berbulu super lucu dengan warna-warni beragam ini  sangat mudah dijumpai di sekitar tempat tinggal. Hewan ini juga terkenal dekat dengan manusia sehingga banyak orang menjadikannya sebagai pilihan peliharaan untuk meramaikan sekitar.

Kucing – dalam perkembangannya – terdiri dari puluhan jenis dengan berbagai karakter dan ciri fisik berbeda, termasuk kucing berjenis angora yang banyak dijadikan sebagai pilihan peliharaan. Jika kamu juga tertarik menjadikan si manis ini sebagai “teman”, yuk simak dulu all things about this cat, mulai karakteristik hingga harga kucing angora yang telah disiapkan tim redaksi berikut ini:
harga kucing anggora
  • Sekelumit sejarah kucing angora
Membahas harga kucing angora jelas merupakan poin penting untuk menentukan keputusan memeliharanya di rumah. Meski demikian, mengetahui cikal bakal kucing anggora modern juga menjadi sebuah informasi berguna yang akan membantu kamu mengetahui lebih lanjut mengenai si manis berkaki empat ini.

Kucing anggora sebenarnya merupakan keturunan dari African Wildcat (Felis Silvestris Lybica) yang mengalami seleksi hingga akhirnya mememiliki bulu panjang. Kucing anggora pertama kali diimpor ke Inggris dan Perancis pada abad ke-16 yang selanjutnya digunakan untuk memperbaiki penampilan kucing Persia. Kucing ini kemudian mendapat pengakuan sebagai jenis berbeda di Eropa pada abad ke-17.

Pada awal abad ke-20 terjadi program perlindungan dan pengembangbiakan kucing anggora putih di Kebun Binatang Ankara. Pada masa ini, kucing anggora hanya dipilih berdasarkan warna tanpa kriteria lainnya, meski beberapa kucing anggora putih memiliki kecenderungan tuli. Kucing Anggora kemudian dibawa ke Kanada pada 1963 yang akhirnya dipilih sebagai championship pedigreed breed  oleh CFA di tahun 1973.

Kala itu hanya kucing anggora putih yang mendapatkan pengakuan, namun akhirnya CFA mau menerima kucing anggora dalam beragam warna dan motif di tahun 1978.
  • Penampilan fisik
Ciri fisik kucing anggora cukup mudah dikenali dengan tubuh panjang dengan bentuk curvy. Kucing ini dapat mencapai bobot 4.4kilo untuk jantan dan 4kilo untuk betina. Bulu kucing ini sangat lembut dan elegan sehingga membuatnya tampak cantik dan menggemaskan. Warna bulu kucing anggora yang paling terkenal adalah putih, namun tidak menutup kemungkinan seekor kucing anggora memiliki warna-warni tertentu seperti tabby, tabby-white, hingga cokelat kehitaman.

Kucing anggora memiliki mata berbentuk almond dengan variasi warna beragam, mulai dari biru, hijau, amber, hingga kuning. Beberapa ekor kucing anggora memiliki warna mata odd-eyed (satu sisi berwarna biru dan yang lain berwarna amber atau hijau) yang cukup langka. Kucing ini memiliki kuping runcing cukup besar dan lebar yang sangat menggemaskan.
  • Kepribadian kucing anggora
Banyak cat lovers yang menganggap kepribadian kucing anggora hampir menyerupai anjing yang gemar berinteraksi dengan manusia, senang bermain, dan atletis. Kucing ini memiliki tingkat kepintaran cukup tinggi, sehingga sangat mudah dilatih untuk melakukan beberapa hal sederhana.

Kucing ini sangat dekat dengan manusia serta mampu membangun keintiman dengan keluarga. Meski demikian, sang kucing umumnya memilih satu anggota keluarga sebagai constant companion. Jika kamu telah dipilih sebagai majikan kesayangannya, maka si kucing umumnya menjadi sangat protektif dan senang berada di sekitar.

Kucing anggora memiliki energi cukup besar sehingga sering berlarian di sekitar tempat tinggal. Sang kucing dapat saja menjadikan pintu, rak buku, hingga furniture rumah sebagai alat bermain yang menyenangkan. Sang kucing juga mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain yang ada di sekitarnya.
  • Harga kucing anggora
Harga kucing anggora pada umumnya bervariasi tergantung usia serta keadaan fisik si manis. Kamu bisa mendapatkan seekor kucing anggora ras asli dengan harga mulai dari Rp4jutaan hingga mencapai Rp16jutaan. Kamu bisa mendapatkan harga lebih murah untuk kucing anggora hasil perkawinan silang, mulai dari Rp300ribu hingga mencapai Rp3jutaan.
Artikel Menarik lainnya: Harga Kucing Mainecoon
  • Perawatan kucing anggora
Kamu yang telah mengetahi harga kucing anggora lalu memutuskan memeliharanya tentu harus mengerti cara merawat kucing anggora agar dapat tumbuh secara maksimal. Beberapa poin perawatan yang wajib dilakukan, antara lain:
  1. Berikan makanan yang sesuai dengan usia sang kucing dengan perpaduan makanan basah dan kering. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi karena dapat memicu obesitas, terutama untuk kucing anggora yang dipelihara di area sempit.
  2. Sisirlah bulu kucing anggora secara berkala sehingga bulu tetap halus dan menghindari kekusutan. Menyisir bulu secara berkala juga dapat menghindari hairballs yang sering terjadi pada kucing.
  3. Vaksinlah si kucing ketika umurnya sudah cukup untuk menghindari masalah kesehatan. Beberapa vaksin utama yang harus segera didapatkan adalah feline leukaemia dan rabies.
  4. Kucing anggora merupakan hewan yang aktif dan senang menjelajah, oleh karena itu sebaiknya sediakan mainan, scratching post, dan lain sebagainya agar si manis tidak bosan di rumah.
  5. Usahakan agar kondisi sekitar rumah selalu bersih untuk menghindarkan dia dari penyakit tertentu.
Kini cat lovers telah mengetahui ciri fisik lengkap dengan harga kucing anggora ‘kan? Pada dasarnya merawat seekor kucing – jenis anggora ataupun yang lain – bukanlah perkara yang sulit dilakukan. Kamu hanya membutuhkan kasih sayang dan ketelatenan agar si manis dapat tumbuh secara maksimal. Salam cat lover.
Info Harga Kucing Anggora, Si Cantik dari Turki Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum