Kamis, 25 Agustus 2016

Harga Kucing Mainecoon, Wow Super Sekali!

Hallo cat lovers, apa kamu ingin mulai atau menambah jumlah kucing peliharaan di rumah? Tentunya ada banyak sekali yang perlu dipertimbangkan sebelum mengadopsi si mpus, salah satunya adalah jenis kucing itu sendiri. Jika sudah memiliki banyak kucing lokal misalnya, bagaimana jika cat lovers mencoba memelihara seekor kucing Mainecoon?

Kucing Mainecoon merupakan sejenis kucing yang walaupun memiliki ukuran “raksasa” namun sangat senang bersosialisasi dengan manusia dan sekitarnya. Atas dasar inilah, kucing Mainecoon mendapat julukan The Gentle Giant untuk menunjukkan kelembutan dan kepekaannya yang sangat tajam. Hmmm, seperti apa sih ciri fisik kucing Mainecoon dan berapa harga kucing Mainecoon? Mari simak informasi lengkap berikut ini ya:
Harga Kucing Mainecoon
  • Sejarah singkat kucing Mainecoon
Membahas harga kucing Mainecoon tentu penting sebagai pertimbangan sebelum membeli, namun berbicara mengenai sejarah perkembangan kucing asal Amerika Serikat ini juga tak kalah menyenangkan karena dipenuhi berbagai cerita dan legenda menarik. Tidak ada yang mengetahui asal mula kucing ini secara pasti, namun salah satu kisah populer keberadaan Mainecoon di Amerika Serikat dimulai dari kisah Marie Antoinette – ratu terkenal Perancis – yang dieksekusi pada tahun 1793.

Pada tahun itu dikisahkan bahwa Antoinette berusaha melarikan diri dari Perancis dengan bantuan Kapten Samuel Clough dengan membawa benda-benda kesayangan, termasuk enam kucing Turkish Angora. Antoinette dikisahkan tidak mampu melarikan diri, namun enam kucingnya bisa sampai di Amerika Serikat dengan selamat yang akhirnya kawin dengan jenis kucing lain hingga akhirnya menghasilkan Mainecoon yang dikenal saat ini.

Kucing Mainecoon muncul pertama kali dalam literature di sebuah karya sastra tahun 1861. Kucing ini mampu masuk dalam sebuah cat show di Boston pada tahun 1895 dengan seekor Mainecoon bernama Cosey yang menjadi pemenang.

Kucing Mainecoon belum mendapatkan sertifikat CFA sehingga tidak diperbolehkan ikut kontes kucing pada kompetisi-kompetisi selanjutnya, hingga akhirnya pada tahun 1973 terbentuklah sebuah klub pecinta Mainecoon yang memperjuangkan status sang kucing. Hal ini berbuah manis dengan perolehan recognition certificate dari CFA tertanggal 1 Mei 1976.
  • Ciri fisik dan karakter Kucing Mainecoon
Mainecoon sangat terkenal bagi para cat lover karena ukurannya yang “super”. Seekor kucing Mainecoon jantan bisa memiliki berat mulai dari 5.9 hingga 8.2 kilogram, sementara sang betina dapat mencapai bobot mulai 3.6 hingga 5.4 kilogram. Mainecoon juga memiliki tinggi bervariasi dengan rekor hingga mencapai 41cm, plus panjang hingga 1.2 meter.

Tekstur tubuh seekor kucing Mainecoon cukup tangguh dan berotot yang sangat penting untuk mendukung beratnya dengan bentuk persegi panjang dengan dada cukup lebar. Mainecoon termasuk jenis kucing yang lambat tumbuh; artinya, ukuran full kucing jens ini baru bisa didapatkan kala si Manis berusia tiga hingga lima tahun.

Bulu kucing Mainecoon umumnya  panjang dengan tekstur lembut dan halus, meski tidak menutup kemungkinan memiliki tekstur sedikit kasar tergantung perawatan maupun warnanya. Panjang bulu umumnya lebih pendek di bagian kepala dan bahu serta lebih panjang di bagian perut. Beberapa kucing Mainecoon memiliki bentuk bulu mirip singa di bagian leher yang membuatnya terlihat makin lucu namun garang. Mainecoon memiliki warna bulu bervariasi sesuai dengan kucing pada umumnya, namun warna paling standard bagi seekor Mainecoon adalah tabby.
  • Kepribadian kucing Mainecoon
Membahas harga kucing Mainecoon rasanya belum lengkap tanpa mengetahui tentang kepribadian si Manis ini ‘kan? Kucing Mainecoon termasuk jenis kucing yang dapat bersosialisasi dengan baik; mereka dikenal sebagai kucing yang setia namun sekaligus waspada – tanpa berbuat kasar terhadap orang asing. Kucing ini memiliki kepintaran diatas rata-rata yang membuatnya mudah dilatih melakukan sesuatu.

Kucing ini sangat senang bermain – dengan Maincoon jantan lebih aktif dibandingkan betina. Mainecoon umumnya memiliki ketertarikan dengan air dan sangat senang bermain di sekitarnya. Kucing ini juga termasuk jenis yang cukup vokal sehingga sering mengeong dan membuat suara tertentu.
  • Cara merawat kucing Mainecoon
Cara merawat kucing Mainecoon sebenarnya merupakan kegiatan yang gampang dilakukan namun membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Bulu Mainecoon cukup panjang, sehingga kamu harus rajin menyikat bulunya minimal dua kali seminggu untuk menghindari bulu kusut sekaligus mendistribusikan minyak alami yang dihasilkan ke seluruh tubuh. Mandikan si Manis seperlunya apabila bulu sudah terlihat kusam, seperti sebulan sekali.

Menyikat gigi sang kucing juga diperlukan untuk menghindari penyakit gigi, oleh karena itu lakukan minimal sekali dalam seminggu. Potong kukunya ketika mulai panjang, lalu jangan lupa untuk membersihkan area mata untuk menghindari timbulnya kotoran. Jangan lupa cek area telinga dan pastikan agar selalu bersih. Pastikan pula litter box milik sang kucing juga selalu bersih agar si Manis tetap nyaman menggunakannya dan bulu tetap bersih.

Berikan makanan berkualitas dengan kandungan protein tinggi karena kucing Mainecoon membutuhkan energi cukup besar untuk kegiatannya. Berikan perpaduan antara makanan kering dan basah agar nutrisinya selalu terpenuhi.
  • Harga kucing Mainecoon
Membaca deskripsi yang telah disebutkan tentu membuat kamu makin gemas dengan si manis satu ini ‘kan? Apabila kamu tertarik menjadikannya “teman” di rumah, maka harga kucing Mainecoon yang harus kamu bayar adalah sekitar 8-12 juta rupiah. Jika kamu mengincar kucing yang telah mendapatkan gelar champion atau grand champion, maka kisaran harganya bisa naik hingga menembus Rp100jutaan l
Kucing Mainecoon meski berukuran raksasa ternyata memiliki kepribadian hangat dan menyenangkan ya. Hmmm, masih tertarik merawat si Manis dengan harga selangit ini?


Harga Kucing Mainecoon, Wow Super Sekali! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum