Senin, 26 September 2016

Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasi Asma Pada Kucing

Apakah Anda melihat kucing sering terbatuk? Apakah si Manis sering terlihat kesusahan bernapas? Jika ini yang terjadi kemungkinan besar kucing yang Anda pelihara mengidap penyakit asma. Hmmm, bagaimana bisa dan bagaimana cara mengatasi asma pada kucing? Simak terus informasi lengkap berikut ini ya:
  • Penyakit asma pada kucing
Asma ternyata bukan hanya penyakit yang dapat menyerang manusia saja lho karena gangguan ini juga dapat terjadi pada hewan kesayangan, seperti kucing maupun anjing. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sekitar 80juta kucing di Amerika Serikat, ditemukan bahwa sekitar 1% (800.000 atau lebih) mengidap gangguan pernapasan ini.
Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasi Asma Pada Kucing
Richard Goldstein selaku associate professor di Cornell Univesity’s College of Veterinary Medicine menyatakan bahwa asma merupakan kondisi penyempitan yang terjadi di saluran pernapasan (bronchi) yang terhubung dari trakea ke paru-paru. Kondisi ini dapat terhadi apabila sistem imun si kucing bereaksi terhadap allergen yang menyebabkan pembengkakan pada jaringan sensitive sekitar bronchi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kesulitan bernapas pada kucing, terlebih ketika dia menghirup udara
  • Penyebab asma pada kucing
Anda sebaiknya mengetahui penyebab penyakit ini terlabih dahulu sebelum mengetahui cara mengatasi asma pada kucing. Beberapa ahli kesehatan hewan mengatakan bahwa faktor genetik dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya asma. Seekor induk yang menderita asma memiliki potensi lebih besar melahirkan anak dengan penyakit bawaan serupa.

Hal lain yang dapat menyebabkan asma adalah kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal sang kucing. Lingkungan yang penuh dengan asap rokok dan polusi merupakan faktor penyebab utama asma pada kucing. Selain itu, debu serta makanan juga bisa memberikan pengaruh cukup serius untuk penyakit ini. Kegemukan atau obesitas juga bisa meningkatkan resiko terjadinya asma pada kucing lho.
  • Tanda asma pada kucing
Beberapa tanda yang bisa ditengarai sebagai penyakit asma, antara lain:
  1. Kesulitan bernapas
  2. Batuk berkepanjangan
  3. Mulut terbuka ketika bernapas
  4. Bibir dan gusi terlihat biru
  5. Badan lemas dan lesu
  6. Tidak terlihat aktif
Anda yang telah melihat tanda-tanda ini pada sang kucing sebaiknya langsung waspada karena bisa saja asma akut telah menyerangnya.
  • Cara mengatasi asma pada kucing
Hal paling aman yang dilakukan sebagai cara mengatasi asma pada kucing adalah dengan langsung membawanya ke dokter hewan langganan. Pada fase ini, sang dokter akan melakukan diagnosa untuk mengetahui penyebab asma pada sang kucing sebelum melakukan tindakan. Dokter mungkin akan menyarankan terapi ataupun memberikan obat-obatan tertentu untuk meredakan gejala asma pada si manis.
  • Langkah agar asma pada kucing dapat diminimalkan
Cara mengatasi asma pada kucing yang telah disebutkan tersebut tentunya bukan menjadi satu-satunya solusi. Anda tentu dapat melakukan beberapa hal yang mungkin bisa meminimalkan potensi asma pada hewan kesayangan, yakni:
  1. Lakukan tes kesehatan rutin pada kucing untuk mengetahui parasit yang mungkin berkembang di tubuhnya
  2. Peliharalah kebersihan lingkungan sekitar kucing
  3. Jangan gunakan parfum, pengharum ruangan, hairspray, aerosol di sekitar kucin
  4. Hindarkan si kucing dari obesitas
  5. Jangan merokok di sekitar si manis
Itulah beberapa informasi tentang penyebab, gejala, serta cara mengatasi asma pada kucing. Pada dasarnya gangguan pernapasan ini merupakan sesuatu yang umum terjadi yang terkadang tak bisa dihindari. Oleh karena itu, langkah yang paling tepat dilakukan adalah selalu menjaga lingkungan sekitar. Selamat bermain dan semoga si kucing selalu sehat ya.
Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasi Asma Pada Kucing Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum