Senin, 05 September 2016

Cobalah Cara Mengatasi Kucing Congek Paling Ampuh Ini

Bermain dengan kucing memang sangat menyenangkan karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan ‘kan? Namun bagaimana rasanya ketika bermain Anda malah mencium bau busuk dari sang kucing yang berasal dari kupingnya yang ternyata mengeluarkan cairan. Hmmm, hal ini tentu bukan sesuatu yang menyenangkan ‘kan?

Kucing yang telinganya mengeluarkan cairan lembek umum disebut sebagai kucing congek. Kondisi ini merupakan sebuah penyakit pada hewan yang cukup mengganggu sehingga diharapkan dapat segera ditangani. Lalu, seperti apa sih gambaran umum penyakit ini dan bagaimana cara mengobati kucing congek? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:
Cara Mengatasi Kucing Congek
  • Apa sih kucing congek itu?
Kucing congek merupakan istilah yang umum digunakan untuk mengindikasikan si manis yang terkena penyakit kuping. Gangguan ini merupakan peradangan yang terjadi di kanal bagian luar yang juga sering disebut sebagai  otitis externa.
  • Apa penyebab kucing congek?
Sebelum mengetahui cara mengobati kucing congek, sebaiknya Anda mengetahui penyebab penyakit ini. Terdapat cukup banyak faktor yang mampu berkontribusi terhadap penyakit ini, antara lain:
  1. Alergi – kucing yang memiliki alergi dapat terkena penyakit congek karena adanya perubahan terhadap lingkungan dalam kuping yang disebabkan oleh antibiotik tubuh kucing yang bereaksi terhadap allergen.
  2. Parasit – parasit yang disebut seabagai otodectes cynotis seringkali menjadi penyebab utama masalah kuping pad akucing.
  3. Bakteri – terdapat beberapa jenis bakteri yang mungkin dapat menjadi penyebab timbulnya masalah ini, seperti Malassezia pachydermatis, yang mampu menyebabkan infeksi.
  4. Trauma
  5. Kondisi kuping yang terlalu lembab
  6. Keturunan
  7. Kondisi imun melemah
Selain beberapa hal tersebut, masih ada beberapa kondisi lain yang juga dapat menyebabkan kucing congek yang bisa didiagnosa dengan bantuan dokter hewan.
  • Apa tanda kucing congek?
Kucing yang mengalami masalah ini memiliki beberapa tanda yang bisa dikenali, salah satunya adalah timbulnya bau tidak sedap dan kucing sering menggaruk area kuping dan kepala. Kuping kucing bisa saja memproduksi cairan lengket dan mengalami peradangan pada area kanal. Kucing yang mengalami ganguan ini bisa mengalami depresi atau bahkan mengalami perubahan prilaku cukup signifikan.
  • Bagaimana cara mengobati kucing congek?
Cara mengobati kucing congek yang paling ampuh tentunya dengan membawa sang kucing pergi ke dokter hewan langganan. Sang dokter akan melakukan diagnosa untuk mengetahui penyebab utama gangguan pada kucing tersebut. Selanjutnya, dokter akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengatasi penyakit congek itu. Dokter bisa saja memberikan antibiotik yang berguna meningkatkan imunitas sang kucing agar dapat melawan penyakit tersebut. Terakhir, Anda akan mendapatkan beberapa jenis obat yang nantinya bisa digunakan untuk mengobat sang kucing.

Apabila penyebab kucing congek adalah alergi terhadap sesuatu, maka Anda bukan hanya harus mengobati kupingnya namun juga memberikan treatment untuk alergi tersebut. Si manis yang ternyata memiliki alergi makanan misalnya, dapat diatasi dengan mengganti makanan sesuai dengan rekomendasi dokter. Hal ini penting dilakukan karena jika allergen tetap berada di dekat sang kucing maka infeksi telinga dapat susah sembuh.

Cara menangani kucing congek memang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, pencegahan sebenarnya menjadi satu-satunya kunci agar kucing tidak gampang terkena penyakit congek. Anda sebaiknya rajin membersihkan telinga kucing  agar kondisinya tetap bersih. Anda bisa mengunakan bantuan ear cleaner dan cotton bud yang dijual secara bebas di banyak tempat penjualan keperluan hewan. Semoga si manis selalu sehat dan terhindar dari penyakit congek ya.
Cobalah Cara Mengatasi Kucing Congek Paling Ampuh Ini Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum