Senin, 05 September 2016

Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Si puss memang sangat menggemaskan ya? Polanya yang lucu dan aktif seringkali menimbulkan kesenangan, bahkan tak jarang mengundang tawa. Hal inilah yang membuat banyak orang menjatuhkan pilihan hewan peliharaan padanya.

Namun pernahkah Anda melihat si manis yang biasanya aktif tiba-tiba menjadi pendiam dan murung. Si kucing menjadi diam tak bergerak, lalu ketika berjalan terlihat tertatih dan pincang. Hmmm, jika ini yang terjadi cobalah untuk mengingat kembali aktivitas terakhir yang dia lakukan sebab bisa jadi hewan kesayangan Anda ini sedang mengalami kaki keseleo.

Hmmm, seperti apa sih gangguan ini dan bagaimana cara mengatasi kaki kucing keseleo? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:
cara mengatasi kaki kucing keseleo
  • Apa sih keseleo pada kucing?
Keseleo merupakan trauma yang terjadi pada jaringan lunak di area otot maupun persendian. Kejadian ini bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari jatuh dari ketinggian, terinjak, atau bahkan tertindas. Keseleo berbeda dengan patah tulang karena pada kejadian ini sang kucing masih bisa bergerak meski dengan langkah tertatih.

Terdapat tiga tingkatan keseleo pada kucing yang mungkin terjadi, antara lain:
  1. Grade 1 yang mana hanya sebagian kecil ligament yang sobek. Ligamen masih tersambung dengan tulang dan berfungsi dengan baik. Keseleo jenis ini umumnya terlihat dengan timbulnya pembengkakan dan rasa sakit.
  2. Grade 2 yang mana ligament sobek sebagian dan menegang. Ligamen masih tersambung dnegan tulang, namun kehilangan kekuatan untuk berfungsi secara normal. Keseleo ini terlihat dari munculnya bengkak, sakit, dan kesulitan bergerak.
  3. Grade 3 yang mana ligamen sobek dan tidak tersambung dengan tulang. Keseleo jenis ini merupakan yang paling parah.
  • Seperti apa ciri-ciri kucing keseleo?
Sebelum mengetahui cara mengatasi kaki kucing keseleo, ada baiknya mengetahui ciri kucing keseleo. Tanda yang paling terlihat pada kondisi ini adalah ketidakmampuan berjalan pada si puss. Umumnya, hal ini diikuti dengan kucing yang murung tiba-tiba dan kehilangan nafsu makan. Kaki kucing Anda mungkin juga mengalami pembengkakan.
  • Kucing seperti apa yang beresiko keseleo?
Sebenarnya semua kucing memiliki potensi keseleo, namun resiko ini lebih besar apabila kucing masih berusia sangat muda dan aktif yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Kucing yang mengalami obesitas juga mungkin mengalami keseleo karena tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh.
  • Bagaimana cara mengobati kaki kucing keseleo?
Terdapat beberapa langkah cara mengobati kaki kucing keseleo yang bisa diaplikasikan, antara lain:
  1. Pastikan kucing tetap mau makan dan minum. Hal ini penting dilakukan karena umumnya si puss kehilangan nafsu makan karena menahan rasa sakit.
  2. Tempatkan kucing di kandang hangat untuk mengurangi aktivitasnhya bergerak
  3. Anda bisa membuat ramuan yang terdri atas campuran parutan jahe dan sereh. Kemudian, balurkan ke bagian kaki yang keseleo lalu bungkus menggunakan kain bersih
  4. Anda bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan menambahkan makanan berprotein tinggi
  5. Kompres bagian yang sakit menggunakan kain yang telah direndam air hangat. Ingat, jangan memijat kaki kucing sembarangan
  6. Tunggu selama 3-7 hari maka kondisi kucing akan berangsur membaik
Anda sebaiknya bersiap membawanya ke dokter apabila kondisi kaki tidak membaik dalam kurun waktu tersebut. Dokter akan langsung melakukan pengecekan fisik untuk mengetahui kondisi si manis. Anda mungkin harus membawa si manis melakukan pemeriksaan X-ray jika diperlukan sebelum mendapatkan tindakan yang tepat.

Anda tidak perlu khawatir sebab beberapa cara mengobati kaki kucing keseleo tersebut umumnya cukup ampuh. Satu kunci untuk mengobatinya adalah tetap tenang sehingga Anda tidak gegabah memberikan pertolongan. Semoga si puss cepat sembuh ya.
Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum