Kamis, 04 Agustus 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing Cepat Kotor

Telinga kucing memang dirancang memiliki pendengaran cukup tajam sehingga tak heran bila si puss mampu mendeteksi suara bahkan dari pojokan rumah yang tidak bisa didengarkan oleh manusia. Ketajaman pendengaran tentunya sangat berharga bagi sang kucing agar dia mampu lebih waspada dengan segala lingkungan sekitarnya.

Vitalnya pendengaran bagi si manis tentu membuat telinganya menjadi salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pemilik untuk memastikan bahwa tidak ada masalah berarti di bagian telinga dan area sekitarnya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing Cepat Kotor
Jika memperhatikan secara seksama, telinga kucing sehat umumnya memiliki warna pink cerah. Namun sayangnya telinga kucing dapat cepat kotor tergantung dari beberapa faktor atau kondisi yang dialami. Nah, apa saja sih penyebab dan cara mengatasi telinga kucing cepat kotor? Tim redaksi telah menyiapkan beberapa informasi bagi Anda berikut ini:
  • Penyebab telinga kucing cepat kotor
Mengetahui penyebab dan cara mengatasi telinga kucing cepat kotor memang menjadi salah satu kunci agar sang kucing dapat tumbuh sehat tanpa gangguan. Nah beberapa hal yang umumnya bisa mengganggu kebersihan telinga kucing adalah:
  1. Congek – Kucing juga selayaknya manusia dapat menghasilkan congek pada telinganya. Congek pada kucing ini umumnya berwarna hitam atau cokelat tua yang dapat memenuhi beberapa bagian telinganya. Congek pada kucing biasanya tidak dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi  si puss.
  2. Kutu – Kutu dapat menjadi penyebab telinga kucing cepat kotor sebab mereka merupakan parasit yang mampu mengganggu sang kucing. Kutu telinga dapat menyebabkan rasa atal luar biasa dan membuat si puss selalu menggerak-gerakkan kepala hingga membuatnya mencakar telinga secara berlebihan.
  3. Infeksi – Hal lain yang dapat menyebabkan telinga kucing cepat kotor adalah timbulnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini merupakan hal yang cukup mengganggu dan mungkin berbahaya bagi sang kucing sehingga membutuhkan pertolongan lebih lanjut.
Ketiga hal tersebut merupakan beberapa penyebab telinga kucing cepat kotor yang patut diwaspadai. Jika ini dibiarkan tanpa adanya pembersihan maka dapat menyebabkan si kucing merasa terganggu.
  • Cara mengatasi telinga kucing cepat kotor
Anda yang mengetahui penyebab dan cara mengatasi telinga kucing cepat kotor dapat memastikan bahwa si puss tetap sehat dan aktif. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi telinga kucing yang kotor adalah sebagai berikut:
  1. Membersihkan secara berkala – Kucing pada dasarnya memiliki kemampuan membersihkan diri yang baik. Namun ada kalanya mereka tetap membutuhkan bantuan sang pemilik. Anda dapat membersihkan telinga kucing dengan menyiapkan kain bersih yang telah dibasahi air atau cat ear cleaner. Kemudian, usapkan secara perlahan di area telinga dengan gerakan memutar sampai telinga kucing menjadi lebih bersih atau berwarna pink merah.
  2. Memberikan obat tetes telinga – Anda dapat mengatasi kotoran pada kucing dengan memberikan obat tetes telinga pada cotton ball maupun tisu. Kemudian, secara perlahan bersihkan kotoran yang menempel di telinga si puss.
  3. Membawa ke dokter – Membersihkan telinga kucing menjadi hal mudah yang bisa dilakukan secara mandiri apabila tidak ada masalah berarti di telinganya. Namun Anda yang mendapati telinga kucing kotor karena infeksi maupun kutu sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan langganan. Sang dokter dapat segera memberikan tindakan dengan membersihkan sekaligus memberi obat yang tepat untuk si manis.
Cat lover memang wajib mengetahui penyebab dan cara mengatasi telinga kucing cepat kotor untuk memastikan bahwa si puss baik-baik saja. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.
Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing Cepat Kotor Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum