Sabtu, 20 Agustus 2016

Penyebab Ekor Kucing Bengkok, Wajib Tahu!

Kucing dapat menjadi sahabat manusia yang sangat baik. Bulu yang lucu disertai dengan tingkah menggemaskan membuat siapapun jatuh cinta hanya dalam hitungan detik. Hmmm, Anda yang merupakan salah satu pecinta kucing tentunya tidak akan tahan untuk tidak mengelus dan memeluknya.

Seorang pemilik kucing tentu wajib mengetahui anatomi tubuh “teman berbulu” satu ini agar dapat melakukan perawatan dengan tepat. Salah satu yang perlu diperhatikan tentunya adalah bagian ekor kucing yang cukup esensial karena berfungsi sebagai penanda mood dan emosi sekaligus alat penyeimbang saat si puss berjalan di jalanan sempit.
Penyebab Ekor Kucing Bengkok
Seekor kucing memiliki ekor lurus dengan ukuran 25-35cm pada umumnya, namun tentu saja hal ini tidak selalu terjadi sebab dalam beberapa kasus kucing memiliki ekor bengkok. Hmmm, apa sih sebenarnya penyebab ekor kucing bengkok? Yuk, simak penelusuran tim redaksi berikut ini:
  • Genetik atau keturunan
Salah satu penyebab ekor kucing bengkok yang paling umum adalah karena faktor keturunan atau genetik. Artinya, kucing tersebut memang dilahirkan memiliki ekor bengkok karena induk maupun gen yang didalamnya memiliki gen ekor bengkok.

Penyebab ekor kucing bengkok dari segi genetik ini pertama kali diketahui di Cina pada abad ke-12 dan mulai ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1940an. Darwin dalam karyanya yang berjudul The Variation of Animals and Plants Under Domestication yang ditulis pada 1868 juga menyebutkan bahwa terdapat eebrapa kucing yang memiliki ekor “tidak normal” yang tersebar dalam beberapa area seperti semenanjung Malaya, Siam, Pegu, dan Burmah.

Ekor kucing yang bengkok ini umumnya terjadi akibat mutasi random pada gen seekor kucing. Keadaan ini pada dasarnya tidak membawa dampak buruk bagi sang kucing sendiri maupun terhadap keseimbangan tubuhnya karena bersifat natural.
  • Merasa nyaman dan ingin berteman
Seringkali kucing dengan ekor normal tiba-tiba mendirikan ekornya lurus dengan sedikit lekukan dibagian paling atas. Penyebab ekor kucing bengkok seperti ini sebenarnya adalah emosi sang kucing yang sedang baik dan merasa ingin berteman. Kondisi ini juga merupakan indikasi bahwa si puss sedang ingin bermain dengan Anda. Kucing yang melakukan hal ini umumnya menginginkan perhatian, sehingga Anda bisa memberikannya dengan mengelus punggung atau melempar mainan kesukaannya.
  • Merasa terintimidasi
Anda yang melihat ekor kucing normal tiba-tiba tergulung, kemudian dalam posisi menurun diantara kedua kakinya maka bisa jadi sang kucing merasa terintimidasi atau  merasakan ancaman tertentu. Penyebab ekor kucing benokok dalam hal ini biasana perasaan tidak pasti atau takut.
  • Cemas
Kucing juga bisa merasakan kecemasan tertentu lho yang akhirnya disampaikan melalui ekornya. Apabila Anda mendapati kucing kesayangan memposisikan diri dengan ekor tergulung dalam gerakan kedepan dan menunjuk ke seluruh badan, maka ini merupakan tanda bahwa dia merasa tidak nyaman dan kurang tenang.

Hal ini dapat berarti si manis kurang suka dengan keadaan disekitarnya atau merasa terganggu. Kucing juga dapat menunjukkan tanda-tanda seperti demkian ketika dia sedang berada di lingkungan baru, mulai dari rumah baru atau bahkan ketika berada di ruang tunggu dokter hewan langganan untuk melakukan pemeriksaan rutin.Hal yang diinginkan pada situasi seperti ini biasanya adalah pergi meninggalkan situasi tersebut.

Tentunya terdapat cukup banyak penyebab ekor kucing bengkok yang mungkin saja terjadi pada si manis. Anda tentu tidak bisa melakukan apapun apabila penyebab bengkoknya ekor merupakan faktior genetic, namun pastinya dapat mengambil tindakan tertentu apabila bengkoknya ekor kucing disebabkan oleh emosi yang tengah dirasakan.
Penyebab Ekor Kucing Bengkok, Wajib Tahu! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum