Sabtu, 20 Agustus 2016

6 Cara Mengatasi Kucing yang Kedinginan

Menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan tentu merupakan keputusan cukup bijak. Tingkahnya yang lucu serta bentuk badan berbulu menggemaskan membuatnya menjadi madona bagi banyak orang dirumah ‘kan?
Anda yang memutuskan mengadopsi kucing tentunya wajib memperhatikan segala hal yang terjadi dalam dirinya.

Hal ini cukup esensial mengingat kucing dapat mengalami berbagai gangguan yang dapat mengganggu perkembangan atau bahkan mengancam nyawanya, termasuk kucing kedinginan. Banyak orang mengabaikan hal ini karena kurang mengerti atau menganggap bahwa itu hal yang dapat diatasi si puss sendiri.
Cara Mengatasi Kucing yang Kedinginan

Sebenarnya, Anda sebagai pemilik dapat turut membantu apabila kucing kesayangan kedinginan lho. Lalu, apa sih yang harus dilakukan? Yuk, simak informasi cara mengatasi kucing yang kedinginan berikut ini:
  • Pahamilah tanda kucing kedinginan
Hal pertama yang perlu dipahami sebelum mengetahui cara mengatasi kucing yang kedinginan adalah tanda-tandanya. Umumnya kucing yang kedinginan dapat terlihat ketika si manis sering bersin. Namun jangan langsung menganggap bersin sebagai salah satu tanda pasti ya, sebab bisa saja si kucing bersin karena ada debu yang terlalu banyak disekitarnya.

Anda mungkin harus mulai waspada ketika kucing bersin ditahndai dengan mata berair. Biasanya, bersin yang cukup sering tersebut dapat diikuti dengan hidung yang lebih basah serta kebiasaan tidur lebih banyak. Jika ini yang terjadi, coba sentuh bagian telinga dan mulutnya. Apabila terasa lebih dingin dari sebelumnya, maka Anda wajib mulai waspada.
  • Siapkan kain tebal di kandangnya
Anda yang sudah pasti merasa si puss kedinginan dapat memulai langkah melakukan penanganan. Cara mengatasi kucing yang kedinginan pertama adalah dengan menyiapkan handuk atau kain bersih yang cukup tebal. Selanjutnya, letakkan kain bersih tersebut di kandangnya sehingga dia dapat tidur dengan baik dan merasa hangat saat berada di kandang.
  • Selimuti sang kucing
Anda juga bisa melakukan cara mengatasi kucing yang kedingan lain dengan menyelimuti si manis. Anda dapat memegang si kucing, menyelimuti kemudian mendekapnya di lengan dalam beberapa waktu. Namun pada beberapa kasus cara ini termasuk kurang efektif karena kucing dapat bergerak aktif sehingga lepas dari selimutnya maupun genggaman Anda.
  • Berikan bantalan penghangat
Kucing umumnya mengatasi rasa dingin yang menyergap dengan bergelung untuk menjaga suhu tubuh, namun sayangnya tidak semua rasa dingin langsung hilang begitu bergelung. Anda bisa menyiasatinya dengan membelikan bantalan penghangat yang secara khusus dibuat untuk menghangatkan sang kucing. Bantalan ini dapat ditemukan di beberapa toko hewan tertentu di sekitar Anda.
  • Gisiklah badannya dalam beberapa waktu
Kedinginan dapat mengancam keselamatan sang kucing karena bila dibiarkan maka si puss bisa kehilangan nyawa. Anda dapat mencoba cara mengatasi kucing yang kedinginan dengan membawanya ke dekat badan kemudian menggosok badannya secara perlahan. Lakukan ini selama satu atau dua jam hingga badan di kucing terasa lebih hangat.
  • Jemur di bawah terik matahari
Hal lain yang bisa dilakukan ketika kucing merasa kedinginan adalah dengan membiarkannya bermain diluar kala matahari sedang bersinar. Terik matahari akan langsung menyinari tubuh si kucing sehingga dia akan merasa hangat dan tidak lagi kedinginan. Biarkan si puss berada diluar namun tetap awasi agar tidak hilang atau bermain terlalu jauh ya.

Mengatasi kucing yang kedinginan memang sangat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Beberapa cara mengatasi kucing kedinginan tersebut dapat dicoba agar si manis tetap dapat aktif sehingga bisa selalu bermain dengan Anda. Selamat mencoba.
6 Cara Mengatasi Kucing yang Kedinginan Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum