Jumat, 12 Agustus 2016

5 Alasan Kucing Suka Menjilati Jari Majikannya atau Badannya

Siapa yang tidak akan jatuh cinta oleh kucing? Bentuk tubuhnya yang mungil berpadu dengan tingkah menggemaskan membuatnya tampak seperti gulungan bulu yang aktif berlarian kesana kemari. Setiap pola yang dilakukan pasti membuat para penggemar kucing jatuh cinta lagi dan lagi.

Terdapat banyak sekali tingkah laku kucing yang menarik perhatian, alah satunya menjilat. Yups, Anda yang memperhatikan pasti menyadari bahwasanya si Manis sangat sering menjilati tubuhnya sendiri maupun orang lain termasuk Anda kan?

Hmmm, apa sih yang sebenarnya membuat kucing melakukannya? Tim redaksi kami memiliki sekelumit informasi penyebab kucing menjilat yang patut Anda simak berikut ini:

kenapa kucing suka menjilat badannya
  • Membersihkan diri sendiri
Kucing dapat dikatakan sebagai salah satu hewan paling bersih ketika berurusan dengan kebersihan diri. Penyebab kucing suka menjilat badannya atau tubuhnya adalah karena makhluk ini dikaruniai oleh lidah yang memiliki papillae – semacam pengait terbalik yang terbuat dari keratin (bahan serupa yang membentuk kuku kucing). Papillae pada lidah inilah yang berfungsi memisahkan daging dari tulang sekaligus mendukung proses grooming dengan berfungsi seperti sisir yang merapikan rambut dan mengeluarkan kotoran.

Menjilat diri sendiri sebagai bagian dari membersihkan diri merupakan hal yang umum dilakukan para kucing. Pada kucing dewasa misalnya, mereka diketahui dapat menghabiskan sebagian besar harinya untuk melakukan hal ini.
  • Memberikan ketenangan
Induk kucing yang baru saja melahirkan juga memiliki kebiasaan menjilati sang anak. Penyebab kucing suka menjilat dalam hal ini adalah untuk membersihkan si bayi kucing lucu, menstimulasi agar urin dan feses anak keluar, sekaligus memberikan ketenangan. Proses tersebut akan dilakukan selama beberapa waktu. Kemudian, kucing muda akan mulai melakukan hal serupa – menjilati diri sendiri – ketika berumur sekitar empat minggu.
  • Proses sosial dengan sesama jenis
Kucing juga merupakan makhluk yang sangat mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, termasuk sesama kucing. Rasa kasih sayang antar kucing ini umumya dilaksanakan dengan cara saling menjilat (allogrooming). Aktivitas ini diyakini dapat memperkuat hubungan antar sesama kucing.
  • Menunjukkan kasih sayang terhadap majikan
Kucing tidak hanya menjilat diri sendiri maupun sesama kucing, namun seringkali ditemukan jari manusia. Anda tidak perlu khawatir melihat tingkah seperti ini sebab sebenarnya penyebab kucing suka menjilat majikan adalah untuk menunjukkan indikasi bahwa si Manis benar-benar aman dengan kehadiran sang pemilik. Anda sudah dianggap sebagai salah satu anggota keluarga, sehingga dia bermaksud membersihkan Anda dengan menjilati sebagaimana sang induk dulu menjilatinya ketika masih kecil.
  • Gejala stress
Menjilat memang merupakan kebiasaan yang umum dilakukan oleh kucing, namun seringkali si Manis menjilat terlalu berlebihan dari biasanya. Jika ini terjadi, mungkin si Manis terkena kondisi yang disebut feline hyperesthesia yaitu sebuah keadaan yang mana kucing merasa stress dan berusaha untuk tetap tenang dengan menjilati diri sendiri. Kebiasaan ini umumnya juga diikuti dengan aktivitas menghisap plastik,kertas, hingga bagian tubuh Anda secara berlebihan.

Kucing memang merupakan makhluk lucu dengan segala tingkah menggemaskan. Penyebab kucing suka menjilat yang telah disebutkan tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi agar Anda tidak panik ketika si Manis melakukannya.

Anda yang merasa sedikit kurang nyaman dengan kebiasaan menjilat sang kucing dapat mencoba mengalihkan perhatiannya. Anda yang telah melihat tanda-tanda si Manis akan menjilat bisa memberikan mainan kucing sehingga perhatiannya teralihkan dan tidak lagi menjilati Anda. Hmmm, selamat bermain dengan sang kucing dan semoga si Manis sehat selalu ya.
5 Alasan Kucing Suka Menjilati Jari Majikannya atau Badannya Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum