Jumat, 12 Agustus 2016

Nih, Penyebab Kucing Peliharaan Suka Kencing Sembarangan

Apa sih alasan memelihara kucing? Pasti ada beragam jawaban ketika pertanyaan ini diberikan, namun yang pasti tingkahnya yang lucu seringkali menjadi alasan mengizinkan makhluk ini berkeliaran di sekitar Anda.
Lucu dan menggemaskan memang membuat si Manis hampir pasti sangat disukai, namun bagaimana apabila suatu hari Anda mengetahui penyebab kucing kencing sembarangan? Apabila kejadian ini berlangsung sekali dua kali mungkin tidak mengapa, tapi jika berulangkali pasti akan terasa sangat menyebalkan kan?

Eits, jangan buru-buru memarahi si Manis dan memberikan hukuman padanya sebab ternyata ada beberapa  alasan kucing kencing sembarangan yang perlu diketahui cat lovers lho. Jika penasaran, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini:

penyebab kucing kencing sembarangan
  • Menandai teritori
Alasan kucing kencing sembarangan biasanya  merupakan sebuah naluri alami untuk menandai wilayah kekuasaannya. Kebiasaan ini biasanya makin terlihat apabila seekor kucing jantan baru datang ke lingkungan sekitar si Manis. Umumnya, hal ini merupakan peringatan agar kucing baru tidak mengganggu wilayah tersebut.
  • Terlalu banyak cahaya masuk
Anda yang mendapati si Manis tidak suka kencing di litter box mungkin harus terlebih dahulu melihat area sekitar. Apabila cahaya yang masuk cukup banyak, coba pindahkan ke area yang sedikit tertutup sebab beberapa kucing tidak mau kencing jika litter box berada di tempat terlalu terang.
  • Litter box bermasalah
Anda mungkin harus mengevaluasi kondisi litter box terlebih dahulu sebelum memarahi kucing yang kencing sembarangan sebab ada kemungkinan benda itulah yang menjadi alasan kucing sering kencing sembarangan. Pastikan litter box selalu dalam keadaan bersih dan memiliki pasir yang cukup agar si Manis mau membuang kotorannya di tempat yang disediakan. Jika memungkinkan bersihkan kotoran kucing minimal dua kali sehari dan ganti pasirnya setiap hari.

Selain masalah kebersihan, Anda juga perlu memperhatikan ukuran litter box. Pastikan tempat pembuangan kotoran ini sesuai dengan ukuran si Manis sendiri. Jangan membeli litter box yang terlalu kecil untuk ukuran kucing dewasa karena hal tersebut dapat cukup mengganggu si Manis. Secara ideal, sebuah litter box sebaiknya berukuran 1.5 dari badan si Manis.
  • Area sekitar terlalu bising
Alasan lain yang mungkin bisa menjadi penyebab kucing pipis sembarangan adalah lingkungan yang terlalu ramai. Hal ini cukup mengganggu sebab biasanya mereka tidak terlalu suka kebisingan. Pindahkan litter box apabila tempat ini berada di area yang banyak dilalui orang.
  • Merasa stress
Kucing yang sering kencing sembarangan mungkin merupakan sebuah tanda bahwa si Manis tengah merasa tertekan atau stress yang disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisinya sendiri maupun lingkungan sekitar. Anda yang mencurigai kemungkinan ini wajib memperhatikan perilaku si Manis dan segera membawanya ke dokter hewan apabila sang kucing terkena tanda-tanda stress.
  • Lokasi terlalu lembap
Kucing tidak menyukai area yang terlalu lembap, termasuk ketika mereka akan buang air. Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan litter box di area kering namun tidak memiliki terlalu banyak cahaya agar mereka dapat kencing dengan tenang
  • Gangguan kesehatan
Kucing yang sering kencing sembarangan dengan frekuensi cukup banyak mungkin disebabkan oleh gangguan yang ada dalam tubuhnya atau sedang sakit. Gangguan ini mungkin disebabkan karena iritasi saluran kemih, batu ginjal, hingga infeksi tertentu. Apabila Anda mencurigai hal tersebut, segera bawa sang kucing ke dokter langganan.

Anda kini telah mengetahui alasan kucing sering kencing sembarangan ‘kan? Jangan suka langsung memarahi dan memberikan hukuman berat apabila sang kucing melakukan hal ini. Kenali terlebih dahulu penyebabnya, lalu pikirkan cara menanganinya agar sang kucing dapat kembali kencing di tempat yang disediakan.
Nih, Penyebab Kucing Peliharaan Suka Kencing Sembarangan Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum