Kamis, 04 Agustus 2016

Tips Cerdas Mengatasi Kucing Yang Dehidrasi

Air merupakan sesuatu yang tidak hanya dibutuhkan oleh makhluk hidup, tidak terkecuali kucing. Selayaknya manusia, 80% tubuh kucing terdiri dari air yang penting bagi proses biologinya, mulai dari sirkulasi hingga pencernaan. Oleh karena itu, kucing membutuhkan komposisi cairan cukup agar dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengganti cairan yang terbuang melalui air kencing, feses, maupun keringat.

Sayangnya dalam beberapa kasus kucing bukanlah hewan yang cukup menyukai air. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan dehidrasi, sebuah kondisi yang mana tubuh mengalami kekurangan air dan elektrolit (mineral), yang dalam kasusu ekstrim sanggup memicu kematian.
cara mengatasi kucing dehidrasi
Hmmm, apakah Anda mencurigai sang kucing terkena gangguan ini? Mari simak informasi penyebab dan cara mengatasi kucing dehidrasi berikut agar Anda memiliki gambaran tepat:
  • Penyebab kucing dehidrasi
Dehidrasi sebenarnya terhadi ketika level cairan kurang dari normal yang disebabkan karena kekurangan asupan cairan ataupun peningkatan pembuangan tubuh. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing dehidrasi, seperti kepanasan karena meningkatnya suhu udara atau aktivitas kucing yang terlalu aktif. Kucing yang mengalami diare juga bisa terkena dehidrasi karena cairan yang seharusnya ada dalam tubuh terbuang bersama kotoran yang dikeluarkan.
  • Tanda kucing dehidrasi
Sebelum membahas cara mengatasi kucing dehidrasi, ada baiknya Anda mengetahui tanda kekurangan cairan dalam tubuhnya. Hal ini penting dilakukan sebab umumnya sang pemilik kurang bisa menyadari perubahan yang terjadi hingga kondisi kucing terlalu parah dan kehilangan cairan terlalu banyak.
Beberapa tanda kucing dehidrasi yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Mata kucing terlihat cekung dan sayu
  2. Kucing terlihat lesu dan lemas
  3. Bulu kucing terlihat kusam dan kasar
  4. Kucing kehilangan nafsu makan
  5. Mulut kucing menjadi kering
  6. Kucing mengalami depresi
  7. Elastisitas kulit menurun
  8. Detak jantung meningkat
Apabila Anda telah melihat beberapa tanda tersebut, maka kemungkinan besar sang kucing sudah mengalami tanda-tanda dehidrasi dan segera membutuhkan perawatan.
  • Cara mengatasi kucing dehidrasi
Dehidrasi merupakan indikasi gangguan yang serius, oleh karena itu sebaiknya segera dilakukan perawatan pertama sebelum beranjak lebih ekstrim. Hal yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi kucing dehidrasi adalah:
  1. Apabila kucing dehidrasi disertai diare dan muntah, sebaiknya Anda menyediakan ice cube sehingga kucing dapat menjilatinya
  2. Apabila kucing tidak ingin minum, Anda bisa mencoba meminumkannya dengan bantuan suntikan agar bisa langsung masuk tubuhnya. Lakukan hal ini setiap 10 menit selama satu jam.
  3. Anda dapat menyiapkan air bersih dengan menambahkan sedikit makanan kalengan agar sang kucing mau minum karena tergoda baunya.
Apabila langkah tersebut tidak bisa membuat kucing lebih baik, segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
  • Cara mencegah kucing dehidrasi
Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar asupan cairan kucing tetap terpenuhi, antara lain:
  1. Sediakan air bersih bagi sang kucing sepanjang waktu
  2. Ganti air mm kucing selama beberapa kali agar tetap fresh sehingga kucing mau meminumnya
  3. Cuci wadah minum kucing setiap hari setelah penggunaan untuk menghalangi terbentuknya bakteri
  4. Perhatikan kebiasaan kucing minum, beberapa kucing suka minum di wadah yang sama sementara yang lain lebih suka minum dari air yang mengalir
  5. Tempatkan wadah minum si kucing di tempat yang mudah terjangkau sehingga dia tidak akan kesulitan
Kini Anda memiliki info lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi kucing dehidrasi ‘kan? Terus awasi si Manis agar tetap sehat ya.
Tips Cerdas Mengatasi Kucing Yang Dehidrasi Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum