Jumat, 12 Agustus 2016

Jangan Ragu, Ini Manfaat Memelihara Kucing di Rumah

Apakah Anda sedang berpikir rumah terlalu sepi? Jika iya, mungkin Anda dapat menambahkan nuansa semarak di lingkungan sekitar dengan memelihara hewan. Hmmm, ide ini tentu sangat bagus dan cukup brilian ‘kan?

Pasti terdapat beragam pilihan binatang yang bisa Anda adopsi sebagai anggota baru di rumah, salah satunya adalah kucing. Hewan ini sering dipilih sebagai binatang kesayangan karena selain lucu, tingkahnya yang aktif sekaligus menggemaskan sering membuat pemilik betah berlama-lama didekatnya.

Bagi Anda yang masih bimbang menjadikannya bagian dari keluarga sebaiknya membuang jauh-jauh perasaan tersebut karena terdapat beberapa manfaat memelihara kucing yang bisa didapatkan lho. Apa saja sih manfaat memelihara kucing bagi manusia? Langsung simak artikel berikut ya:

manfaat memelihara kucing bagi manusia
  • Mendapatkan teman
Alasan seseorang memutuskan memelihara hewan seringkali karena mereka membutuhkan teman. Nah, Anda akan mendapatkan manfaat ini apabila memutuskan memelihara kucing di rumah. Banyak orang percaya bahwa kucing terlihat sebagai makhluk individu yang kurang bisa bersosialisai, namun ini hanya mitos sebab si Manis pasti akan sangat senang berada di dekat sang pemilik selama dia merasa nyaman.

Sebuah studi yang dilakukan di Swiss pada tahun 2003 menunjukkan bahwa pemilik kucing merasakan bahwa kehadiran peliharaan mereka sama dengan memiliki pasangan romantis. Hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan yang mampu mengingat kebaikan yang diberikan padanya dan akan membalasnya kembali dengan perasaan sayang kepada sang majikan.
  • Baik bagi kesehatan jantung
Salah satu manfaat memelihara kucing adalah membantu membuat jantung lebih sehat. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kucing mampu menurunkan level stress sang pemilik karena bermanja dengan mereka dapat menimbulkan efek menenangkan. Penelitian lain yang dilakukan selama 10 tahun menyebutkan bahwa pemilik kucing memiliki kemungkinan meninggal 30% lebih kecil karena serangan jantung dan stroke dibandingkan non-pemilik.
  • Membantu mendapatkan pasangan
Apabila Anda adalah seorang pria lajang dan belum bisa mendapatkan pasangan, segeralah memelihara kucing. Sebuah poling yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa 82% perempuan lebih tertarik pada pria yang memiliki peliharaan dengan 90% diantaranya setuju bahwa kucing merupakan pilihan terbaik. Perempuan yang mengikuti survey tersebut menyatakan bahwa pemilik kucing umumnya bisa lebih sensitive dan peka dibandingkan pemilik hewan lainnya.
  • Membantu Move On
Kehilangan orang yang dicintai pastinya meninggalkan sakit yang luar biasa, namun jangan khawatir sebab memiliki peliharaan dapat membantu Anda move on lho. Beberapa fakta menunjukkan bahwa kucing dapat membantu seseorang move on lebih cepat karena dapat mengalihkan perhatian seseorang terhadap rasa sakit yang dideritanya.

Dalam beberapa survey ditemukan bahwa orang-orang yangs edang berada dalam tekanan atau kehilangan sesuatu lebih memilih berbicara sekaligus mencurahkan hati kepada hewan atau benda tertentu dibandingkan kepada manusia lain yang mungkin bisa memberikan judge kurang berkenan.
  • Menumbuhkan empati
Dalam beberapa sumber disebutkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan didampingi peliharaan berupa kucing memiliki kepekaan lebih terhadap perasaan dan pemikiran orang lain. Empati inilah yang membantu anak-anak bersosialisasi dengan orang lain serta menumbuhkan toleransi antar sesama.

Anda kini sudah mengetahui manfaat memelihara kucing ‘kan? Kebaikan yang didapatkan dari memelihara kucing ini tentunya sama tanpa memandang jenis ras yang dipilih, seperti Anggora, Persia, bahkan kucing kampun biasa. Hmmm, tak perlu ragu lagi lho untuk memelihara kucing. Selamat bermain dengan si Bulu lucu menggemaskan.
Jangan Ragu, Ini Manfaat Memelihara Kucing di Rumah Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum