Jumat, 12 Agustus 2016

Nih, Makanan Terbaik untuk Anak Kucing Baru Lahir

Apakah si Manis sekarang tengah mengandung? Well, Anda tentu merasa bahagia sebab tak lama lagi akan hadir bayi-bayi mungil yang lucu dan sangat menggemaskan. Anda tentu menyiapkan proses kelahiran sang bayi kucing dengan baik, mulai dari tempat hingga berbagai peralatan untuk membantu kelancarannya.

Sang induk akan mengejan layaknya manusia melahirkan begiu waktunya tiba, lalu bayi kucing lucu telah hadir ke dunia menemani hari-hari Anda yang menyenangkan.

Menangani kucing yang baru saja dilahirkan tentu tidak sama dengan merawat kucing remaja atau dewasa. Anda terutama wajib memperhatikan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya agar sang bayi dapat tumbuh sehat tanpa gangguan apapun.

Lalu, seperti apa sih makanan terbaik untuk anak kucing baru lahir? Tim redaksi akan membantu Anda mengetahui informasi tersebut sehingga gizi si mungil terpenuhi dengan baik:

Makanan Terbaik untuk Anak Kucing Baru Lahir
  • Air susu sang induk kucing
Layaknya manusia, induk kucing juga akan memproduksi air susu untuk anaknya yang baru lahir. Air ssu induk kucing ini merupakan makanan terbaik untuk anak kucing baru lahir karena memiliki beragam nutrisi dan kandungan penting untuk memaksimalkan pertumbuhan para bayi mungil. Biarkan sang induk menyusui para bayinya dengan tenang. Jangan sesekali merebut atau mengambil anak kucing tersebut ketika sedang menyusui.
  • Susu formula khusus bayi kucing
Seringkali terdapat kejadian yang mana sang induk menolak memberikan air susunya. Apabila ini yang terjadi, segera pergi ke toko hewan untuk membeli susu khusus untuk bayi kucing. Anda yang kurang yakin dengan pilihan susu formula tersebut dapat terlebih dahulu menghubungi dokter hewan terdekat untuk mengetahui nutrisi yang paling tepat.

Hindari memberi minum susu sapi atau susu yang tidak diformulasikan khusus untuk sang kucing karena nutrisinya dapat berbeda. Perbedaan kandungan ini sangat memungkinkan timbulnya gangguan yang kurang diinginkan, seperti diare ataupun keracunan.
  • Makanan berupa bubur
Kucing yang berusia kurang dari 4-5 minggu tidak bisa mencerna makanan dalam bentuk apapun, oleh karena itu jangan pernah memberikan makanan selain susu kepada mereka. Apabila masa ini telah usai maka Anda boleh memperkenalkan makanan halus berbentuk bubur.

Anda bisa merendam makanan terbaik untuk kucing baru lahir tersebut dengan air hangat secukupnya, kemudian lumat dan hancurkan. Anda bisa menyuapi para bayi kucing ini dengan pipet yang didekatkan ke hidung kucing lalu dioleskan ke mulutnya. Anda juga bisa mendapatkan makanan lunak khusus anak kucing di toko hewan terdekat.

Pada saat ini juga perkenalkan tempat makan si anak kucing agar mereka terbiasa makan di tempat yang ditentukan. Anda tidak perlu khawatir apabila para anak kucing belum mau memakan makananya. Jangan dipaksakan karena naluri alami mereka akan menuntun sendiri.

Kucing yang berusia kurang dari empat minggu biasanya membutuhkan asupan makanan setiap tiga jam sekali. Hal ini berarti Anda perlu memberikan makanan sekitar delapan kali dalam satu hari, semisal dimulai pukul 6.00, kemudian jam 9.00, dan seterusnya. Anak kucing pada usia ini juga umumnya belum bisa membuang sisa pencernaan sehingga Anda perlu menstimulasi bagian genital mereka untuk membantu pengeluaran sisa pencernaan.

Seiring berjalannya waktu, bayi kucing Anda akan mulai mampu mencerna makanan berbentuk padat. Pada masa ini makanan terbaik untuk anak kucing baru lahir yang mulai tumbuh dewasa dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan langganan. Selamat merawat bayi-bayi lucu ya.
Nih, Makanan Terbaik untuk Anak Kucing Baru Lahir Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum