Jumat, 12 Agustus 2016

Coba Perhatikan Cara Merawat Kucing yang Baru Beli Ini

Memutuskan untuk memelihara kucing di rumah memang menjadi sebuah keputusan yang sangat menyenangkan. Bayangkan Anda setiap hari akan melihat tingkah lucu dan aktif yang menggemaskan, hmmm membahagiakan ‘kan?

Anda mungkin tidak akan ragu pergi ke petshop terdekat untuk mendapatkan si Manis. Setelah mencari yang pas serta menimbang beberapa hal, Anda akan segera pulang setelah membeli kucing manis menggemaskan. Eits tunggu dulu ya sebab tugas belum selesai sebab setelah pulang Anda masih memiliki satu beban besar yaitu membiasakannya dengan lingkungan baru.

Membantu kucing beradaptasi seringkali sangat membebani sang pemilik yang baru mendapatkannya. Jika si Manis gagal beradaptasi, bukan tidak mungkin dia menjadi stress dan mengalami berbagai gangguan yang dalam kasus ekstrim dapat menyebabkan kematian.

cara merawat kucing yang baru beli
Lalu, bagaimana sih cara merawat kucing baru beli? Tim redaksi memiliki beberapa tips penting yang mungkin bisa diaplikasikan oleh para cat lovers berikut ini:
  • Jangan biarkan kucing merasa stress
Langkah pertama dalam panduan cara merawat kucing baru beli adalah meminimalisir potensi stress yang mungkin melanda akibat dibawa ke tempat baru. Biasanya kucing yang mengalami stress tidak mau makan, takut, serta selalu mencari tempat bersembunyi agar merasa aman.

Hal yang perlu dilakukan adalah memberikan kandang yang nyaman lengkap dengan makana dan minumannya. Anda bisa mencoba menenangkannya dengan sering mengelus-elus tubuh kucing, sepertu dagu dan yang lainnya. Adaptasi ini sendiri biasanya berlangsung hingga tiga hari tergantung kemampuan sang kucing menyesuaikan diri.
  • Siapkan kandang lengkap dengan berbagai perlengkapannya
Anda wajib menempatkan kucing di tempat terbaik di salah satu bagian rumah. Carilah ruangan yang nyaman bagi sang kucing dengan pencahayaan yang cukup namun tidak terlalu terang. Letakkan kandang lengkap dengan tempat makan beserta minumannya dan litter box agar dia merasa nyaman. Usahakan agar letak kandang tidak berada di tempat yang terlalu ramai karena bisa menyebabkan si Manis stress.

Jauhkan kandang di kucing dari benda-benda yang mungkin berbahaya, seperti botol gas atau yang lainnya agar kucing dapat bermain dengan tenang. Usahakan agar sedikit jauh dari jendela agar si kucing tidak lepas tanpa pengawasan.
  • Jangan lupa bawa ke dokter hewan
Cara merawat kucing  yang baru beli selanjutnya adalah dengan mencarikan dokter hewan terbaik. Hal ini penting dilakukan agar Anda memiliki gambaran pasti tentang kondisi si Manis. Anda bisa memastikan apakah kucing benar-benar sehat atau memiliki beberapa ganguan bawaan ketika membeli, seperti cacat lahir, membawa parasit, hingga potensi terkena feline leukimia.

Beberapa hal yang perlu Anda tanyakan ketika membawa kucing yang baru dibeli, antara lain:
  1. Tipe makanan yang sebaiknya diberikan, frekuensi waktu makan, dan porsi makan terbaik
  2. Potensi penyakit yang mungkin menyerang dan cara membendungnya
  3. Jadwal vaksinasi lanjutan untuk memastikan kesehatan si kucing
  • Berikan makanan berkualitas
Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah memilihkan makanan bagi sang kucing. Anda bisa mendiskusikan dengan dokter hewan mengenai makanan terbaik lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang kucing.
  • Ajak main sang kucing
Hal lain yang perlu diperhatikan ketika Anda baru mendapatkan kucing adalah membangun hubungan kasih sayang antar majikan dan hewan peliharaan. Sang pemilik sebaiknya meluangkan waktu  setiaknya sehari satu kali untuk bermain dengan sang kucing agar si Manis menerima Anda sebagai bagian dari keluarganya.

Itulah beberapa tips cara merawat kucing yang baru beli. Anda bisa mengaplikasikannya sekarang juga untuk memastikan si Manis dapat beradaptasi dengan baik dan segera nyaman dengan lingkungan baru. Selamat mencoba.
Coba Perhatikan Cara Merawat Kucing yang Baru Beli Ini Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum