Minggu, 14 Agustus 2016

Cara Mengatasi Kucing Sembelit Paling Mudah

Kucing sebenarnya memiliki beberapa hal yang mirip dengan manusia. Layaknya orang normal, si Manis terkadang juga bisa merasakan sakit perut namun tidak bisa mengeluarkan. Jika Anda mengetahui sang kucing menghabiskan waktu di litter box, namun tak mengeluarkan apapun bisa jadi dia sedang mengalami sembelit.

Hmmm, lalu apa sih penyebab dan cara mengatasi kucing sembelit? Anda yang ingin tahu dapat menyimak informasi selengkapnya berikut ini:
  • Waspadai penyebab kucing sembelit
Sembelit pada kucing umumnya disebabkan oleh kekurangan asupan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan karena makanannya yang terlalu kering atau kekurangan minum air yang pada akhirnya membuat ginjal stress dan menyebabkan proses pembuangan terganggu.
Cara Mengatasi Kucing Sembelit Paling Mudah
Kostipasi juga bisa disebabkan karena tubuh kucing yang terlalu gemuk sehingga mengganggu proses pencernaan. Kucing yang kurang aktif dan jarang melatih tubuhnya juga memiliki kemungkinan mengalami sembelit lebih besar karena tidak adanya stimulasi gerak peristalsis yang membantu mengeluarkan feses.
  • Cara mengetahui kucing sembelit
Semua jenis kucing seharusnya mengeluarkan feses setidaknya sekali dalam satu hari. Hasil pembuangan ini sendiri seharusnya memiliki warna cokelat, berbentuk padat, namun cukup lembut sehingga dapat menempel pada pasir dalam litter box.

Kucing yang tidak melakukan pembuangan setiap hari atau memproduksi feses keras (tidak bisa menempel pada pasir) kemungkinan besar mengalami konstipasi. Selain hal tersebut, umumnya kucing yang sedang mengalami konstipasi kehilangan nafsu makan dan muntah di litter box meski tidak semua kucing melakukannya.

Kucing yang mengalami konstipasi bisa juga menunjukkan ekspresi mengejan ketika sedang mengeluarkan feses. Selain itu, sang kucing bisa tampak gelisah karena sedang sakit perut.
  • Cara mengatasi kucing sembelit
Sebenarnya terdapat beberapa cara mengatasi kucing sembelit yang bisa dilakukan sebelum Anda memutuskan membawanya ke dokter langganan, antara lain:
  1. Lakukan transisi makanan, dari makanan kering (biscuit) ke makanan kaleng yang lebih lembut dan mengandung air. Hal ini dapat membantu sang kucing memenuhi asupan cairan sehingga tidak mengalami konstipasi.
  2. Anda yang merasa sang kucing jarang minum atau bahkan tidak mau sama sekali dapat menambahkan sejumput makanan kaleng dalam cairannya untuk merangsang nafsu minum si manis. Beberapa kucing memiliki kecenderungan untuk minum dari air yang mengalir sehingga Anda bisa membeli kitten water fountain untuk menciptakan air mengalir buatan khusus sang kucing.
  3. Beberapa kucing mungkin perlu mengonsumsi laksatif natural, seperti jus lidah buaya, untuk membantu melancarkan pencernaan. Anda bisa menambahkan sedikit makanan natural pelancar pencernaan ini dalam makanan si kucing.
  4. Tambahkan olive oil pada makanan sang kucing karena bahan tersebut mampu berfungsi sebagai pelumas yang membantu memindahkan makanan selama proses pencernaan. Anda bisa menambahkan ¼ hingga ½ sendok the olive oil dalam setiap makanannya.
Cara mengatasi kucing sembelit apabila beberapa langkah tersebut tidak mempan adalah dengan membawanya ke dokter langganan terdekat. Sang dokter akan segera melakukan pemeriksaan dan mendiagnosa penyebab konstipasi tersebut sebelum memberikan resep obat yang tepat.

Anda yang telah mendapatkan obat harus mematuhi aturan minum untuk sang kucing dengan cepat. Jika perlu paksa sang kucing untuk menelan obatnya meski si Manis memberontak. Hal ini tentu penting dilakukan untuk memastikan bahwa sembelit si Manis segera berakhir. Selamat mencoba dan semoga kucing kesayangan dapat segera sehat dan terhindari dari gangguan konstipasi.
Cara Mengatasi Kucing Sembelit Paling Mudah Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum