Senin, 15 Agustus 2016

6 Cara Mengobati Cakaran Kucing Agar Tidak Infeksi

Kucing Anda dapat menjadi salah satu yang paling lembut di dunia, namun tetap saja bisa tiba-tiba berubah menjadi agresif dan mencakar ketika bermain bersama. Sebenarnya, cakaran kucing hanya merupakan luka ringan yang sedikit meninggalkan sakit dan darah. Meski demikian, luka cakaran yang tidak diobati secara hati-hati berpotensi menimbulkan lebih banyak masalah lho.

Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Tim redaksi telah menyiapkan beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai cara mengobati cakaran kucing agar tidak semakin parah. Jika penasaran, langsung simak informasi selengkapnya berikut ini:

Cara Menangani Cakaran Kucing Agar Tidak Infeksi 

Cara Mengobati Cakaran Kucing Agar Tidak Infeksi
  • Identifikasi kesehatan kucing yang mencakar secara lengkap
Hal yang perlu dilakukan sebelum mengetahui cara mengobati cakaran kucing dengan pasti adalah mengetahui informasi tentang latar belakang si manis. Apabila si kucing merupakan milik pribadi atau teman dekat Anda, maka dapat dipastikan si manis merupakan kucing rumahan yang mungkin dirawat dengan baik sehingga meminimalkan kemungkinan terkena infeksi. Jika Anda tercakar kucing liar, maka sebaiknya tingkatkan kewaspadaan.
  • Perhatikan luka yang didapatkan
Tingkat keparahan cakaran tentu sangat menentukan treatment luka yang bisa Anda ambil. Perhatikan luka yang Anda derita, apabila hanya terkena lapisan luar kulit maka luka tersebut tergolong ringan dan mungkin tidak beresiko infeksi namun berhati-hatilah apabila luka yang dialami cukup dalam dan mungkin menjangkau lapisan kulit lainnya.
  • Bersihkan luka cakaran
Cara mengobati cakaran kucing adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir selama beberapa menit. Anda bisa juga membersihkan luka tersebut dengan menambahkan sabun untuk membunuh bakteri yang ada didalamnya. Jika merasa luka tersebut cukup dalam, Anda dapat membersihkan luka ytersebut menggunakan alkohol maupun antiseptik lainnya.
  • Oleskan madu
Madu telah lama digunakans sebagai zat untuk membantu menyembuhkan luka. Madu sendiri memiliki zat antibiotik natural yang dapat mencegah timbulnya jamur serta peradangan. Madu juga dapat membuat kulit yang terluka tetap dalam keadaan lembap tanpa membuatnya semakin parah. Kandungan yang ada dalam madu juga bisa mencehah timbulnya bakteri yang mungkin memperparah kondisi luka. Anda hanya perlu menggunakan madu asli dan mengoleskan secukupnya ke area luka bkas cakaran.
  • Gunakan baking soda
Beberapa luka cakaran kucing dapat menimbulkan gatal luar biasa yang sangat mengganggu. Sebenarnya hal ini merupakan sesuatu yang baik sebab gatal di kulit merupakan tanda bahwa tubuh sedang melakukan perlawanan untuk menyembuhkan diri. Anda yang tidak tahan dengan rasa gatal yang ditimbulkan tidak boleh menggaruknya karena malah dapat menimbulkan infeksi lho. Ambillah baking soda atau sodium bicarbonate secukupnya, kemudian aplikasikan ke bagian yang terasa gatal. Voila, gatal akan hilang sehingga membuat Anda tenang.
  • Biarkan luka terbuka
Jangan menutup luka dengan perban setelah Anda mendapat cakaran. Anda cukup menjaga kebersihan area yang terluka namun tetap membiarkannya terkena udara segar.

Lakukan beberapa cara mengobati cakaran kucing tersebut untuk membuat luka tidak semakin parah. Apabila luka yang dialami tidak sembuh dalam beberapa hari, mungkin ini saatnya Anda pergi ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak berpotensi mengalami infeksi akibat cakaran kucing.

Dokter yang Anda temui biasanya akan melakukan pemeriksaan umum terlebih dahulu dengan memeriksa keparahan luka Anda. Selanjutnya, sang dokter mungkin akan memberikan beberapa resep termasuk obat oles untuk menangani luka cakaran yang Anda alami. Hmmm, cukup mudah ‘kan? Yuk, tangani luka dengan bijak agar Anda bisa tetap sehat. Selamat mencoba.
6 Cara Mengobati Cakaran Kucing Agar Tidak Infeksi Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum