Sabtu, 20 Agustus 2016

Anda Phobia Dengan Kucing? Sembuhkan Dengan Cara Ini!

Tidak semua orang menggagap kucing sebagai buntalan bulu yang lucu. Bagi beberapa pihak, kucing merupakan monster yang mampu memberikan ketakutan paling dalam. Jika termasuk salah satunya, mungkin Anda tengah mengalami sesuatu yang disebut ailurophobia – yang dalam bahasa sederhana disebut phobia terhadap kucing.

Ailurophobia secara etimologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ailouros yang berarti kucing dan phobos yang berarti ketakutan. Kondisi ini juga dikenal sebagai Gatophobia yang berasal dari Bahasa Spanyol gato yang berarti kucing dan phobos yang bermakna takut.

Ketakutan terhadap kucing merupakan sesuatu yang umum terjadi. Hal ini mungkin bukanlah sesuatu yang luar biasa, namun seringkali mengganggu aktivitas dan kegiatan harian terutama jika Anda berada di lingkungan yang dipenuhi dengan kucing berseliweran.
cara mengatasi phobia terhadap kucing
Eits, jangan khawatir ya sebab ketakutan terhadap kucing ini bisa disembuhkan kok. Apa sih yang harus dilakukan? Berikut adalah cara mengatasi phobia terhadap kucing yang telah disiapkan oleh tim redaksi secara lengkap:
  • Biasakan diri dengan melihat gambar dan video kucing
Cara mengatasi fobia terhadap kucing yang paling mudah adalah dengan membiasakan diri dengan kehadirannya melalui gambar maupun video. Pastikan Anda menyimpan gambar kucing di tempat-tempat yang terlihat dengan mudah. Cobalah untuk mencari lalu mencetak gambar kucing berbagai jenis yang memiliki warna, tipe bulu, hingga ukuran berbeda.

Anda juga bisa mencari dan mengunduh video yang memperlihatkan aktivitas kucing dalam kehidupan harian. Carilah video yang menunjukkan interaksi antara si puss dengan sang pemilik yang sedang terlihat bahagia.
Sementara Anda sibuk mencari gambar maupun video, luangkan waktu untuk melihat gambar tersebut selama beberapa menit setiap hari dengan tenang.

Anda bisa melakukan “terapi” melihat gambar dan video kucing ini selama kurang lebih 15 menit perhari. Jika merasa jijik atau ketakutan, cobalah menarik napas dalam-dalam lalu kembali fokus melihat gambar atau video tersebut.
  • Coba ubah cara pandang terhadap kucing
Mengatasi fobia terhadap kucing memang bukan hal yang mudah dilakukan, namun bukan berarti Anda tidak bisa. Anda yang menderita kondisi ini mungkin perlu mengubah sudut pandang dan opini terhadap kucing itu sendiri. Pikirkan sumber ketakutan utama yang membuat Anda gelisah saat melihat kucing, kemudian carilah alasan yang tepat untuk mengubahnya.
  • Buat interaksi dengan sang kucing
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencoba berinteraksi dengan si puss. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengunjungi teman yang memiliki kucing peliharaan. Jelaskan padanya ketakutan Anda serta rencana penanganan terhadap fobia tersebut.

Mintalah izin kepadanya untuk dapat berkunjung secara berkala sehingga Anda terbiasa melihat kucing di sekitar Anda. Anda bisa meminta bantuan teman untuk membantu lebih dekat dengan sang kucing setelah beberapa waktu, mulai dengan duduk di dekat si puss lalu belajar mengelus bulunya.
  • Jalani hypnoteraphy
Salah satu cara mengatasi fobia terhadap kucing yang cukup efektif lainnya adalah dengan mengikuti hypnoteraphy. Langkah ini sering diambil oleh banyak orang karena dianggap paling mudah dan bisa mengatasi ketakutannya. Cobala mencari terapis profesional, kemudian konsultasikan ketakutan Anda. Nantinya, sang terapis akan melakukan tindakan yang diperlukan agar Anda tak lagi merasakan ketakutan berlebih.

Beberapa cara mengatasi phobia terhadap kucing tersebut dapat dicoba agar Anda tidak lagi berkeringat dingin dan gugup ketika menghadapi si Manis. Jangan lupa minta bantuan serta dukungan keluarga maupun orang-orang tercinta agar dapat membantu mengatasi ketakutan. Selamat mencoba.
Anda Phobia Dengan Kucing? Sembuhkan Dengan Cara Ini! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum