Senin, 15 Agustus 2016

3 Cara Mudah Mengatasi Bulu Kucing Gimbal

Kucing memang makhluk yang sangat lucu dengan bulu lebat dan tingkah menggemaskan. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai teman bermain agar rumah dan lingkungan sekitar terasa lebih ramai dan menyenangkan.

Tentu saja terdapat banyak sekali jenis kucing yang bisa Anda rawat, mulai dari kucing berbulu pendek lokal hingga kucing berbulu panjang dari ras tertentu. Memelihara si puss pastinya memerlukan perawatan khusus lengkap dengan kasih sayang agar dia dapat tumbuh dengan baik secara fisik maupun psikis.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara kucing adalah bulu-bulunya. Pastikan bulu tersebut selalu dalam kondisi bersih dan mulus agar si manis tetap terlihat cantik. Namun malang seringkali tak bisa ditolak, meski sudah merawatnya dengan baik terkadang muncul bulu kucing gimbal yang tentunya tak sedap dipandang mata. Hmmm, jika sudah demikian si puss akan terlihat kucel dan kotor ‘kan?
Cara Mengatasi Bulu Kucing Gimbal
Eits, jangan khawatir sebab bulu kucing gimbal dapat diatasi dengan langkah cukup mudah kok. Penasaran dengan cara mengatasi bulu kucing gimbal? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:
  • Jangan pernah mencabut bulunya
Bulu kucing yang gimbal seringkali membuat kita gemas karena mengganggu kecantikan si puss. Meski demikian, jangan pernah sekalipun berpikir untuk melakukan pencabutan ya. Hal ini tidak boleh dilakukan karena bulu kucing yang dicabut dengan paksa dapat menyebabkan luka ataupun gangguan lain pada kulit.
  • Carilah bulu kucing gimbal di seluruh tubuhya
Anda bisa mulai cara mengatasi bulu kucing gimbal dengan menyiapkan sisir khusus kucing. Sisir seliruh tubuh sang kucing untuk mengetahui bagian mana yang benar-benar gimbal dan susah diluruskan. Cobalah untuk meluruskan bulu kucing yang gimbal dan kusut tersebut menggunakan tangan. Ingatlah untuk melakukannya dengan hati-hati agar tidak menyakiti si manis.
  • Hilangkan bulu gimbal di kucing
Bulu kucing yang gimbal mungkin bisa diluruskan menggunakan tangan, namun pengguntingan bulu me menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan apabila bulu terlalu susah diurai. Anda yang ingin melakukannya tentu membutuhkan sisir dan gunting.

Pegangi kucing Anda secara hati-hati dan tahan tubunya dekat dengan diri Anda. Elus-elus sang kucing agar dia merasa tenang dan tidak terganggu. Setelah itu, cari bulunya yang gimbal dan luruskan menjauh dari bulu normal agar Anda tidak salah potong. Siapkan gunting, kemudian gunting secara perlahan bagian yang gimbal tersebut secara hati-hati.

Kini, bulu gimbal telah hilang dari tubuh kucing kesayangan. Meski demikian, Anda perlu memastikan sekali lagi agar yakin bahwa Anda tidak melukai si manis. Setelah semuanya beres, Anda hanya perlu kembali menyisiri sang kucing agar bulunya rapi.

Cara mengatasi bulu kucing gimbal tersebut dapat diaplikasikan kapanpun Anda mendapati bulu si manis kurang baik. Namun sebenarnya, hal yang paling baik dilakukan adalah mengambil langkah pencegahan. Untuk hal ini, Anda wajib melakukan perawatan yang sesuai dengan si kucing.

Rajinlah memandikan sang kucing setiap dua minggu sekali dalam keadaan udara panas. Jangan lakukan aktivitas mandi terlalu sering karena juga tidak baik bagi kesehatan si manis. Gunakan shampoo kucing khusus yang aman bagi isi puss. Setelah mandi air hangat selesai, jangan lupa lap mengunakan kain kering dan bersih. Jika tidak memungkinkan lakukan penyekaan bulu menggunakan tisu basah untuk bayi.

Hmmm, beberapa cara mengatasi bulu kucing gimbal dan pencegahannya tersebut cukup mudah dilakukan ‘kan? Selamat mencoba.
3 Cara Mudah Mengatasi Bulu Kucing Gimbal Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum