Jumat, 12 Agustus 2016

Cara Mudah Membuat Bulu Kucing Kampung Lebat

Terdapat cukup banyak jenis kucing yang berada di sekitar lingkungan Anda. Salah satu yang paling banyak dan sering dijadikan peliharaan karena perawatannya yang mudah dan terjangkau adalah kucing kampung.
Kucing kampung atau kucing lokal tentu memiliki pesona tersendiri yang dapat memikat perhatian pecinta kucing. Apabila dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin kucing kampung dapat mengalahkan keindahan dan kemolekan kucing ras.

Hal yang perlu diperhatikan jika Anda merupakan pemilik kucing kampung adalah bulu hewan peliharaan itu sendiri. Pastikan bulu terawat dengan baik sehingga tetap lebat, lembut dan berkilau. Hmmm, lalu bagaimana sih cara membuat bulu kucing kampung lebat? Anda tidak perlu khawatir susah karena cara sederhana berikut ini dapat membuat si Manis makin cantik dan elegan:

Cara Membuat Bulu Kucing Kampung Lebat
  • Sisir bulu kucing secara teratur
Menyisir bulu kucing secara teratur dapat membantu si Manis mendapatkan bulu yang bagus dan lebat. Langkah ini perlu dilakukan karena menyisir tidak hanya membersihkan kotoran di bulu namun juga mencegah agar rambutnya tidak mudah kusut. Langkah ini juga dapat membantu menyebarkan minyak natural yang diproduksi si kucing ke seluruh tubuh untuk membuat bulunya lebih mengkilat.

Menyisir secara teratur juga dapat mengurangi produksi bulu yang ditelan yang secara otomatis mengurangi produksi hairball. Anda bisa melakukan ritual ini satu kali seminggu secara teratur. Voila, bulu kucing kampung Anda tidak akan kalah oleh kucing ras lainnya lho.
  • Mandikan secara teratur
Salag satu cara membuat bulu kucing kampung lebat adalah dengan memberikan jadwal mandi reguler pada si Manis. Kucing pada dasarnya memang memiliki kemampuan self-grooming, namun terkadang si Manis tetap butuh bantuan Anda untuk menjaganya tetap bersih dan terawat.

Memandikan kucing secara teratur dapat membantu melindungi tubuhnya dari kotoran yang dibawa ketika si Manis main. Pembersihan ini juga penting karena kotoran yang menumpuk kadangkala menjadi dalang tumbuhnya jamur yang dapat membuat bulu rontok dan membuatnya tidak lagi indah dan lebat.

Lakukan ritual mandi ini sekitar seminggu sekali atau tergantung kondisi kucing Anda. Jangan lupa gunakan sabun khusus kucing yang dibuat untuk merangsang pertumbuhan bulu dengan cepat dan baik untuk hasil lebih maksimal.
  • Perhatikan makanan kucing Anda
Si Manis membutuhkan makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi cukup agar bulunya dapat tumbuh dengan lebat. Pastikan makanan kucing Anda memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup agar bulunya tetap dapat terawat. Jangan berikan kucing kesayangan ikan asin karena dapat membuat bulunya rontok dan kurang bagus. Usahakan untuk selalu memberikan air bersih dan fresh sebagai minuman si kucing.

Makanan kucing mungkin akan berubah seiring dengan bertambahnya usia dan kondisi si Manis. Oleh karena itu, Anda yang kurang yakin dengan makananya dapat berdiskusi dengan dokter hewan langganan untuk mengetahui nutrisi yang sesungguhnya dibutuhkan si Manis.

Cara membuat bulu kucing kampung lebat lainnya adalah dengan memperhatikan kondisi psikis sang kucing. Usahakan agar si Manis jauh dari stres tinggi karena kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan bulu. Kucing yang mengalami tekanan atau stres berlebih biasanya mengalami kerontokan bulu dan kualitas bulunya menurun.

Hmmm, kini Anda sudah mengetahui beberapa cara agar bulu kucing tumbuh menjadi lebat dan sehat ‘kan? Beberapa tips dan langkah yang telah dijabarkan tersebut tentunya cukup mudah dilakukan serta tidak membutuhkan waktu lama. Selamat mencoba.
Cara Mudah Membuat Bulu Kucing Kampung Lebat Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum