Kamis, 04 Agustus 2016

Cara Cepat Mengatasi Kucing Ambeien

Anda tentu mengetahui bahwa kucing kesayangan tidak bisa mengatakan dengan kata-kata bahwa dia sedang merasakan sakit. Oleh karena itu, kebanyakan si Manis hanya meninggalkan tanda-tanda tertentu apabila dia merasakan gangguan kesehatan atau rasa tidak nyaman.

Terdapat beragam gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh si kucing, termasuk ambeien atau wasir. Hmmm, mungkin Anda sedikit menyerngitkan dahi begitu mengetahui bahwa kucing dapat mengalami hal ini namun sebenarnya gangguan ini bukanlah hal yang langka lho. Penyakit ini tentu saja mengganggu sang kucing yang dalam kasus ekstrim dapat menyebabkan kematian; seram ya?

penyebab dan cara mengatasi wasir atau ambeien pada kucing

Seperti apa sih bentu penyakit ini, serta bagaimana cara mengatasi kucing ambeien atau wasir? Anda yang penasaran dapat langsung menyimak informasi selengkapnya berikut ini:
  • Gambaran umum penyebab ambeien atau wasir pada kucing
Sebelum mengetahui cara mengatasi kucing ambeien/wasir, ada baiknya Anda mengetahui definisi penyakit ini. Gangguan kesehatan ini merupakan sebuah kondisi yang mana jaringan pembulu darah yang berada di rektum atau sekitar anus terinfeksi dan membengkak.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi medis ini pada kucing, termasuk keturunan. Apabila induk sang kucing pernah memiliki riwayat terkena ambeien maka kemungkinan anak-anaknya dapat terkena juga.

Pola makan juga menjadi penyebab munculnya ambeien atau wasir pada kucing. Si manis yang tidak suka minum atau memakan makanan kering terlalu banyak biasanya bisa mengalami kejadian ini. Selain itu, ambeien juga bisa disebabkan oleh obesitas serta diare yang mungkin dialami si kucing.
  • Tanda ambeien atau wasir pada kucing
Ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali sebelum memberikan pertolongan cara mengatasi ambeien/wasir pada kucing, antara lain:
  1. Sang kucing mengalami perubahan prilaku. Dia menjadi sering mencoba menangkap ekornya sendiri lebih dari biasanya. Hal ini mungkin terjadi karena dia merasakan sakit dan gatal.
  2. Bagian dubur kuicng menjadi bengkak dan memerah
  3. Kucing menjadi kesulitan duduk karena dapat menimbulkan rasa sakit luar biasa
  4. Kucing menjadi susah buang air di litter box
  5. Kucing mengalami pendarahan di sekitar area anus
Apabila Anda melihat tanda-tanda tersebut maka dapat dipastikan sang kucing mengalami ambeien.
  • Cara mengatasi ambeien atau wasir pada kucing
Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi ambeien/wasir pada kucing, antara lain:
  1. Menggunakan krim ambeien – Anda bisa mencoba mengatasi masalah wasir pada kucing dengan mengoleskan krim ambeien yang dapat dibeli di beberapa apotek terdekat. Komposisi krim wasir untuk kucing maupun manusia umumnya sama, sehingga Anda bisa membeli krim biasa dengan kualitas terbaik. Krim ini nantinya akan bekerja mereduksi bengkak sekaligus meredakan sakit dan gatal yang dialami.
  2. Memberikan obat pelunak kotoran – Wasir pada kucing dapat menyebabkan si Manis merasa kesakitan ketika buang air besar. Oleh karena itu, Anda bisa memudahkannya dengan memberikan obat pelunak kotoran agar sang kucing bisa mengeluarkan kotorannya lebih mudah tanpa sakit yang terlalu berlebihan.
  3. Operasi – Apabila dua cara tersebut sudah tidak mampu membantu meredakan gejala ambeien maka Anda sebaiknya mulai memikirkan opsi operasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi dokter hewan terdekat yang akan melakukan tindakan lebih lanjut.
Informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi wasir atau ambeien pada kucing tersebut dapat dijadikan parameter agar Anda selalu siaga dengan kondisi si manis. Anda yang tidak ingin melihat sang kucing terkena kondisi menyakitkan ini dapat menghalanginya dengan memberikan pola makan sehat yang cukup serat serta cairan agar tidak terjadi wasir. Selamat mencoba ya.
Cara Cepat Mengatasi Kucing Ambeien Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum