Jumat, 12 Agustus 2016

Apa Boleh Anak Kucing Dimandikan? Simak Informasi Berikut Ini!

Memiliki anak kucing yang baru lahir tentu sangat menyenangkan ‘kan? Tubuhnya yang mungil serta tingkah manja dan lucu tentunya membuat siapapun cepat jatuh hati pada mereka.

Perawatan anak kucing tentulah tidak sama dengan kucing dewasa. Anda perlu berhati-hati mengaplikasikan suatu perawatan agar si anak kucing tetap bisa tumbuh dengan sehat dan tanpa gangguan. Salah satu yang seringkali menjadi permasalahan adalah kontroversi memandikan anak kucing.

Berbicara menganai hal tersebut, sebenarnya bolehkah anak kucing dimandikan? Apakah ada bahaya yang mengancam apabila Anda memandikannya diusia sangat muda? Hmmm, mari simak penjelasan berikut ini agar Anda mendapatkan kepastian jawaban.
bolehkah anak kucing dimandikan
  • Memandikan anak kucing di usia sangat muda
Anda yang menanyakan pertanyaan bolehkah anak kucing dimandikan mungkin akan merasa informasi ini cukup berguna. Pada dasarnya, anak kucing yang masih muda sebaiknya tidak dimandikan untuk alasan apapun kecuali memang terdapat kondisi yang sangat mengharuskan si Manis mandi.

Kucing pada masa ini merupakan makhluk yang sangat rapuh. Tubuh mereka yang masih sangat kecil membuat mereka sangat gampang terpengaruh oleh perubahan lingkungan. Sistem ditubuh mereka juga belum berkembang secara sempurna sehingga kegiatan memandikan dapat menjadi sesuatu yang cukup menyiksa.
  • Resiko memandikan anak kucing
Terdapat beberapa resiko yang mungkin akan dihadapi apabila Anda memaksa memandikan anak kucing. Sesuatu yang paling mungkin terjadi adalah gejala hipotermia yang dapat menyerangnya ketika dimandikan. Kucing pada usia ini masih belum mampu mengatur temperatur tuuh dengan baik, sehingga gampang merasa kedinginan. Kucing yang merasa kedinginan umumnya tidak dapa menyerap makanannya dengan baik sehingga kurang bisa menyerap nutrisi secara maksimal. Apabila ini dibiarkan, kemungkinan kucing mati menjadi semakin besar.

Kuli anak kucing juga sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan bisa melepuh dengan mudah. Meski Anda merasa bahwa air yang digunakan tidak terlalu panas, namun dapat saja hal tersebut menyebabkan kulit si Manis melepuh karena tidak tahan.

Memandikan anak kucing sebelum waktunya juga bisa berdampak pada kulit kering, terutama bila Anda menggunakan sabun atau shampoo. Apabila ini terjadi, bukan tidak mungkin kulit peliharaan kesayangan Anda menjadi ruam dan dia merasa kesakitan.
  • Tips Memandikan anak kucing
Anda kini telah mengetahui jawaban atas pertanyaan, bolehkah anak kucing dimandikan ‘kan? Lalu kapan sih si Manis benar-benar boleh dimandikan? Menurut the Animal Compassion Network, Anda dapat mulai memandikan anak kucing ketika umurnya sudah menginjak minimal delapan minggu.

Anda yang ingin memandikan kucing dapat menggunakan produk yang dibuat khusus untuk hewan ini. Jangan pernah menggunakan sabun atau shampoo untuk manusia karena bahan yang terkandung didalamnya bisa terlalu keras untuk si Kucing.
  • Cara memandikan anak kucing
Anda yang bermaksud memandikannya harus mematuhi beberapa hal terlebih dahulu, termasuk menyiapkan kondisi yang paling cocok. Pastikan air yang digunakan beserta ruangan yang akan digunakan untuk memandikan dalam kondisi cukup hangat.

Jangan lupa pula menyiapkan handuk lembut dan kering untuk mengelap si Kucing. Anda yang akan memandikan sebaiknya jangan pernah menyentuh bagian telinga maupun mata sang kucing. Apabila dua area tersebut dirasa cukup kotor, nanti bisa dibersihkan menggunakan cotton bud atau kain bersih.

Jadi, apakah Anda seudah merasa lega setelah tahu jawaban atas bolehkah anak kucing dimandikan? Anda kini semakin menyadari bahwa anak kucing sebaiknya tidak boleh dimandikan sebelum menginjak 8 minggu ‘kan? Tetap rawat si Manis dengan baik ya.
Apa Boleh Anak Kucing Dimandikan? Simak Informasi Berikut Ini! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum