Kamis, 04 Agustus 2016

Umur Kucing yang Siap Kawin, Kenali Tandanya Yah!

Memutuskan memelihara kucing tentu saja sangat menyenangkan. Si kucing kecil yang dirawat sejak kecil tentunya terlihat begitu lucu dengan segala tingkahnya, mulai dari mengejar bola hingga berlarian di seluruh penjuru rumah.

Masa bermain dengan mainan tikus atau benang tentu tak berlangsung selamanya sebab dalam beberapa waktu si kesayangan dapat memasuki usia remaja dan dewasa. Pada waktu inilah, kucing memasuki masa siap kawin. Berapakah umur kucing yang tepat untuk dikawinkan?

Berbicara masa kawin si kucing, beberapa pemilik seringkali kurang peka dan tidak menyadari keadaan hewan peliharaan. Umumnya hal ini tak masalah apabila Anda memiliki kucing jantan, namun bagaimana jika kucing betina yang dimiliki mengalami kehamilan yang tak diinginkan atau perkawinan inbreeding? Hmmm, pastinya akan sedikit susah ya.

Umur Kucing yang Siap Kawin
Untuk menghindari hal ini, maka Anda perlu mengetahui umur kucing yang siap kawin beserta dengan tanda-tandanya. Apa sih yang harus diketahui tentang hal tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:
  • Berapa sih umur kucing yang siap kawin?
Hal pertama yang perlu diketahui sehingga Anda bisa mengambil ancang-ancang dan rencana adalah mengetahui perkiraan umur kucing yang siap kawin. Kucing umumnya mulai mengalami dasi reproduksi ketika mereka telah mencapai 80% tubuh dewasa.  Pada umumnya hal ini berlangsung ketika si Manis berusia sekitar 5 hingga 6 bulan.

 Fase reproduksi seekor kucing ini dapat menjadi lebih lama tergantung dari keadaan lingkungan, terutama pengaruh sinar matahari. Biasanya kucing rumahan memiliki fase kawin lebih lama dan jarang dibandingkan kucing liar karena jarang terkespos cahaya alami matahari.
  • Apakah masa kawin kucing betina dan jantan sama?
Pada dasarnya kucing betina maupun jantan memiliki fase kawin yang kurang lebih sama. Namun jika sudan memasuki masa umur kucing yang siap kawin, biasanya si betina memiliki masa lebih cepat. Hal ini dikarenakan sang betina memiliki penciuman yang lebih peka untuk mengetahui aroma cairan yang dikeluarkan kucing jantan yang membuatnya menjadi terangsang dan birahi.
  • Berapa lama kucing berada di masa kawin?
Kucing memiliki beberapa periode ketika memasuki umur siap kawin yang berlangsung sekitar dua minggu, antara lain:
  1. Masa Proestrus – adalah masa inisal perkawinan yang biasanya berlangsung sekitar 12 jam hingga dua hari. Pada masa ini biasanya sang kucing sudah memasuki masa birahi, namun masih belum cukup siap untuk kawin dengan sang lawan.
  2. Masa Estrus – adalah masa kawin yang berlangsung sekitar tujuh hari. Si kucing betina bisanya sudah siap kawin pada masa ini.
  3. Interestrus dan Diestrus – adalah masa setelah proses kawin terjadi. Disinilah terjadi ovulasi yang menentukan apakah kucing akan hamil atau tidak. Jika hamil, maka Anda akan mendapatkan kucing bayi sekitar 65 hari kemudian.
  • Apa tanda-tanda kucing siap kawin?
Anda tentu harus mengetahui tanda kucing sudah birahi, termasuk si Manis akan sering mengeong dengan suara lebih berat dan keras. Pada masa ini, kucing biasanya akan menjadi lebih manja terhadap pemiliknya. Kucing juga menjadi lebih sensitif dan suka berguling-guling.

Kucing Anda akan menjadi lebih aktif dengan bulu tubuh bersinar. Namun demikian, nafsu makannya menjadi berkurang dari biasanya. Apabila Anda memegang bagian punggung, biasanya ekor akan naik dan melengkung ke samping.

Hmm, kini Anda mengetahui umur kucing yang siap kawin beserta tanda-tandanya ‘kan? Jadi sekrang lihat kucing Anda dan perhatikan, apakah dia sudah siap kawin?
Umur Kucing yang Siap Kawin, Kenali Tandanya Yah! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum