Kamis, 04 Agustus 2016

Kucing Suka Menggigit Tangan atau Kaki Catlovers? Berikut Penyebabnya!

Kucing merupakan makhluk jinak yang bisa memperlihatkan sayangnya melalui banyak cara. Mereka mungkin dapat menggosokkan tubuh atau kepalanya ketika Anda ada didekatnya. Seringkali, mereka dapat menatap atau mengedipkan mata untuk menunjukkan bahwa mereka sedang senang.

Namun segalanya dapat saja berubah menjadi teka-teki ketika si kitty yang sedang senang di satu menit meninggalkan bekas gigitan di detik berikutnya. Yups, beberapa kucing memang suka menggigit tangan dan kaki pemiliknya secara tiba-tiba yang tak jarang meninggalkan bekas dan rasa sakit.

Well, Anda sebenarnya bukanlah satu-satunya orang yang mengalaminya kok. Banyak pecinta kucing menyebut kebiasaan menggigit tangan dan kaki ini sebagai “love biting”, namun benarkah demikian? Apa sih penyebab kucing suka menggigit tangan dan kaki pemiliknya? Berikut adalah sekelumit penjelasan lengkap yang dapat dijadikan referensi.
penyebab kucing suka menggigit tangan dan kaki pemiliknya
  • Sebuah tanda cinta
Kucing dapat menggigit tangan atau kaki pemilknya dengan lembut ketika mereka bermain atau ketika Anda mengelus-elusnya. Hal ini dapat berarti sang kucing sedang senang atau merasa Anda sayangi. Beberapa ahli kucing juga menyatakan bahwa salah satu cara kucing menunjukkan kecintaannya dalah dengan menjilat kemudian mendaratkan gigitan manis.

Penyebab kucing suka menggigit tangan dan kaki pemiliknya adalah untuk menunjukkan bahwa sikap Anda terlalu berlebihan atau jika pemilik menyentuh bagian tubuh sensitifnya, terutama di bagian dekat ekor. Biasanya mereka akan menggigit kecil sebagai peringatan agar Anda tidak melakukannya lagi.
  • Merasa terganggu
Terdapat beberapa kasus yang mana gigitan lembut tersebut berubah menjadi sedikit menyakitkan. Apabila ini terjadi maka sang kucing ingin menyampaikan sesuatu yang sangat penting untuknya, termasuk kemungkinan bahwa ia merasa terganggu.

Salah satu penyebab terganggunya sang kucing disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terlalu banyak sentuhan yang dia terima. Hal ini dapat terjadi apabila terlalu banyak orang yang bermain dengannya, terlalu banyak suara mengganggu disekitarnya. Hal ini merupakan indikasi bahwa sang kucing menginginkan sedikit ketenangan.
  • Merasakan sakit
Penyebab kucing suka menggigit tangan dan kaki pemiliknya terkadang bukan merupakan sebuah tanda cinta melainkan tanda bahwa dia merasa kesakitan. Hal ini mungkin terjadi apabila gigitan menjadi keras dan kucing menjadi sedikit garang. Jika reaksi ini yang terjadi maka ada baiknya jika Anda membawanya ke dokter hewan langganan.

Sebenarnya sang kucing memberikan tanda melalui bahasa tubuh sebelum ia menggigit. Anda yang tidak ingin digigit oleh si bulu lucu ini dapat memperhatikan tubuh dan gerak-geriknya untuk menghindari luka yang tidak diinginkan.

Pastikan Anda mulai waspada ketika si kucing mulai mengibaskan ekornya ke depan dan kebelakang. Kulit dan bulu mereka mungkin akan menegang dan lebih kencang sebagai tanda bahwa ia akan mengambil ancang-ancang. Selain itu, mata mereka akan mulai menajam dan melihat Anda seraya memajukan kepalanya. Jika ini yang terjadi, maka Anda sebaiknya siap menghindar sebab itu tanda bahwa ia akan segera menggigit.

Hmmm, kini Anda telah mengetahui penyebab kucing suka menggigit tangan dan kaki pemiliknya ‘kan? Ternyata kebiasaan ini bukan hanya merupakan tanda bahwa sang kucing menunjukkan kasih sayangnya, namun juga bisa sebagai pertanda bahwa ia terganggu atau merasa kesakitan.

Satu hal yang perlu diketahui juga bahwa kucing dewasa bisanya lebih sering menggigit karena merasa terganggu dibandingkan ketika masih kecil. Cara mengatasi kucing yang suka menggigit kaki atau tangan catlovers dengan menghindar atau pahami gerak-gerik hewan peliharaan anda. Happy playing with the cats.
Kucing Suka Menggigit Tangan atau Kaki Catlovers? Berikut Penyebabnya! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum