Senin, 01 Agustus 2016

Kucing Kesayangan Semakin Kurus dan Lemas? Kenali Penyebabnya!

Penyebab dan Mengatasi Kucing Semakin Kurus dan Lemas - Tak semua pecinta kucing suka melihat hewan peliharaannya nampak gemuk, ada juga yang suka dengan kucing kesayangannya karena memiliki tubuh yang lebih langsing. Namun perlu diketahui, apabila bobot tubuh kucing berkurang secara drastis disertai dengan kondisi lemas, catlovers perlu waspada.

Tubuh kucing lambat laun semakin kurus dan lemas, bisa jadi gejala awal terkena penyakit. Untuk itu, tim sukakucing akan membahas tentang apa saja sih yang membuat hewan peliharaan anda mengalami lemas dan semakin kurus. Simak informasi lengkapnya berikut ini:

Tips Mengatasi dan Penyebab Kucing Semakin Kurus dan Lemas

Mengatasi Kucing Semakin Kurus dan Lemas
  • Gejala Awal Terkena Penyakit
Hal yang cukup logis apabila kucing kesayangan anda memiliki tubuh kurus yang tidak normal dan lemas karena terjangkit penyakit. Selain dua gejala itu, coba perhatikan kembali hewan peliharaan anda, apakah sering tidur atau tidak? Lalu perhatikan juga pada kotorannya. Apakah mencret atau tidak? Apabila hal tersebut dialami oleh kucing anda maka bisa dipastikan terkena penyakit.

Apabila gejala tersebut dibiarkan saja oleh catlovers, maka akan berdampak pada kesehatan kucing. Selain tubuh menjadi kurus, dehidrasi lemas bahkan memperburuk kondisinya. Untuk itu, catlovers harus memberikan perawatan khusus pada hewan peliharaan agar sehat kembali dan dapat diajak bermain.
  • Tidak Mau Makan
Penyebab lainnya yang membuat tubuh kucing nampak kurus dan lemas yakni nafsu makan berkurang atau tidak mau makan. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kucing, selain lemas dan kurus, daya tahan tubuh kucing menurun dan mudah terkena penyakit. Ketahui dulu apa sih penyebab kucing tidak mau makan? Apakah memang sakit atau bosan dengan makanan yang selama ini diberikan.

Apabila keluhan catlovers ini karena nafsu makan kucing berkurang, cobalah mengganti makanannya dengan variasi baru seperti mencampur makanan basah atau kaleng dan makanan kering khusus kucing. Makanan kaleng atau basah dapat menggoda selera makan kucing dibandingkan makanan kering, karena mengeluarkan aroma yang lebih pekat.

Cara lainnya bisa dengan menambahkan vitamin khusus kucing. Hal ini dilakukan agar nafsu makan kucing bertambah dan tentunya membuat tubuhnya tidak lemas serta menambah asupan gizi untuk hewan peliharaan anda.
  • Terjangkit Cacing
 Coba perhatikan kucing kesayangan anda, apakah nafsu makannya masih banyak dan teratur atau tidak? Apabila tidak masalah dengan pola makannya, akan tetapi tubuhnya nampak kurus disertai lemas, bisa jadi terjangkit cacing. Ciri-ciri kucing cacingan bisa catlovers ketahui dari tubuhnya semakin kurus, lemas, lebih suka menyendiri, perutnya nampak buncit dan sering minum air putih.  Apabila ciri-cirinya terlihat, maka segera melakukan penanganan ekstra dan memberi obat yang bisa di dapat di petshop terdekat.

Setelah mengetahui penyebabnya, maka catlovers harus melakukan pencegahan dan mengatasinya dengan cepat.  Apabila catlovers ragu untuk menangani sendiri, bisa membawa hewan peliharaan anda ke dokter agar di periksa lebih lanjut apakah memang terkena penyakit atau hanya karena bosan dengan makanan yang selama ini anda berikan.

Ada beberapa tips yang bisa catlovers coba di rumah agar kucing menjadi lebih gemuk yakni dengan memberi raw food atau makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ayam, ikan tuna, minyak ikan atau minyak zaitun. Selain menambah variasi pada makanannya, perhatikan juga kandang yang selama ini digunakan. Bersihkan secara berkala agar bebas dari kuman penyakit.
Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab dan cara mengatasi kucing semakin kurus dan lemas. Merawat kucing juga perlu perhatian ekstra, agar hewan peliharan terhindar dari penyakit dan lebih sehat.
Kucing Kesayangan Semakin Kurus dan Lemas? Kenali Penyebabnya! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum