Senin, 01 Agustus 2016

Tips Mudah Merawat dan Membersihkan Kotoran Pada Telinga Kucing

Cara Merawat dan Membersihkan Telinga Kucing - Salah satu bagian tubuh kucing yang cukup sensitif apabila dipegang yakni telinga dan usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian tubuh tersebut. Pada umumnya telinga kucing akan memproduksi seperti cairan lilin yang berwarna kuning kecoklatan. Fungsi dari cairan ini untuk menjaga kondisi mikroorganisme serta kelembapan pada bagian telinga.

Sebelum membahas tentang cara merawat dan membersihkan telinga kucing, ada baiknya catlovers mengetahui tentang lilin yang diproduksi pada telinga kucing. Fungsi dari cairan lilin agar kelembapan tetap terjaga pada telinga, akan tetapi penumpukan cairan lilin atau serumen ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur serta bakteri pada telinga dan menyebabkan kucing tidak nyaman.
Cara Merawat dan Membersihkan Telinga Kucing
Hal ini membuat kucing ingin menggaruk pada bagian telinga. Garukan menggunakan kuku kucing akan membuat luka kecil dan berkembang menjadi infeksi apabila catlovers tak merawat serta menjaga kebersihan kucing. Masalah lainnya, serangan kutu dan tungau pada bagian telinga. Untuk itu, pada kesempatan kali ini. Tim redaksi sukakucing akan membahas tentang cara merawat dan membersihkan telinga kucing yang kotor dan bisa praktekan di rumah:

Cara Pintar Membersihkan Kotoran dan Merawat Telinga Kucing

  • Gunakan Cotton Bud dengan Baby Oil
Pegang telinga kucing dengan lembut serta jangan ragu agar kucing tidak memberontak atau merasa terganggu. Setelah itu bukahlah daun telinga dengan perlahan dan bersihkan menggunakan cotton bud atau kapas yang sudah diberi. Hal ini dilakukan agar permukaan kapas atau cotton bud tidak kasar dan kotoran dengan mudah dapat terangkat atau dibersihkan.
  • Lakukan Secara Lembut
Lakukan hal yang sama secara lembut untuk membersihkan kotoran pada telinga kucing. Pembersihkan telinga ini dilakukan selama lima menit, lalu lepaskan kucing agar lebih rileks dan tidak merasa terganggu. Saat membersihkan pada bagian telinga, catlovers perlu hati-hati agar kotoran tidak terdorong ke dalam telinga. Usahakan juga jangan mengorek terlalu dalam agar tidak melukai telinga kucing dan membuatnya lebih peka.
Itulah beberapa tips merawat dan membersihkan telinga kucing yang dapat catlovers lakukan. Akan tetapi jangan terlalu sering membersihkan telinga hewan peliharaan karena dapat meningkatkan sekresi lemak. Serta perhatikan kotoran pada telinga kucing, apabila terlalu banyak sebaiknya membawanya ke ahli hewan atau dokter untuk ditangani lebih maksimal.
Tips Mudah Merawat dan Membersihkan Kotoran Pada Telinga Kucing Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum