Selasa, 25 Oktober 2016

Beginilah Tips Merawat Kucing Kampung dengan Benar

Cara Merawat Kucing Kampung - Siapa sih yang tidak ingin memelihara kucing yang memiliki wajah dan tingkah yang menggemaskan? Yah, kucing memang menjadi bintang dari para binatang karena banyak yang mau memeliharanya. Matanya yang syahdu dan suaranya yang merdu membuat siapa saja ingin memeliharanya, tidak terkecuali kucing kampung. Yah, pada dasarnya, memelihara kucing kampung bisa membuat Anda lebih hemat dan lebih mudah merawatnya dibandingkan dengan kucing persia atau anggora.

Kucing kampung lebih mudah menerima segala jenis makanannya dan lebih gesit dalam bertingkah. Bahkan, jika Anda sampai tidak menutup makanan di atas meja makan, bisa jadi akan keduluan kucing yang makan terlebih dahulu. Lantas, bagaimana sih cara merawat kucing kampung yang baik dan benar? Yuk, baca artikel menarik yang diulas oleh tim sukakucing berikut ini ya:
Cara Merawat Kucing Kampung
  • Perhatikan Menu Makanan
Salah satu cara merawat kucing kampung agar gemuk yaitu dengan memperhatikan asupan makanannya. Kucing kampung tak mengharuskan Anda membelikan makanan di pet shop yang harganya bisa mengurangi jatah jajan pemiliknya. Justru, pencernaan kucing kampung bisa bermasalah apabila mengunyah makanan yang banyak mengandung pengawet dan pewarna.

Siapkan saja ikan kukus sebagai makanan yang bisa memberikannya banyak protein. Protein ini tentunya akan membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mendukung pertumbuhan badannya. Tambahkan pula nasi sebagai penyumbang gula untuk memberinya banyak energi tambahan. Mudah kan memberi memberi makan kucing kampung?
  • Perhatikan Minum untuk Kucing Kampung
Sama halnya makanan, minuman kucing kampung pun tak perlu mahal. Anda cukup memberinya air putih saja setiap ia terlihat haus. Pastikan, bahwa kebersihan air minum terjaga agar tidak mengganggu sistem pencernaannya. Anda juga bisa memberinya susu khusus kucing untuk mendukung pertumbuhan badannya. Hindari pemberian susu sapi karena protein susu sapi sulit dicerna tubuh kucing. Tak perlu biaya mahal kan untuk membelikan kucing kampung minuman!
  • Mandikan Seminggu Sekali Secara Rutin
Meskipun dari golongan kucing kampung, tak ada alasan untuk pemelihara enggan memandikannya. Dengan memandikan kucing secara teratur merupakan salah satu tips merawat kucing kampung agar bulunya lebat. Yah, sebelum memandikan kucing, sisirlah bulu kucing dengan lembut agar bulu-bulu matinya dapat rontok. Setelah itu, mintalah bantuan orang lain untuk memasukkannya ke dalam ember yang berisi air.

Peganglah dengan erat karena bisa jadi kucing akan berontak apabila kulitnya bersentuhan dengan air. Sampolah bulu kucing dengan lembut dan gosok sedikit-sedikit agar bersih. Bilaslah dengan bersih, kemudian angkat dari ember dan balut tubuhnya dengan handuk agar hangat. Keringkan bulunya denga menggunakan hair dryer agar tidak menimbulkan daki di tubuhnya.
Nah, mudah kan cara merawat kucing kampung! Yah, meski tak sesusah merawat persia atau anggora, tetapi pastikan bahwa kucing selalu sehat. Anda bisa membawanya periksa ke dokter hewan apabila terdapat gejala yang mencurigakan. Yuk, sayangi kucing di rumah ya!
Beginilah Tips Merawat Kucing Kampung dengan Benar Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum