Sabtu, 23 Juli 2016

Beginilah Cara Mudah Merawat Induk Kucing Pasca Melahirkan

Cara Merawat Induk Kucing yang Baru Melahirkan – Halo cat lovers! Bagaimana kabar kucing Anda di rumah? Pastinya sehat kan! Memiliki hewan peliharaan seperti kucing memang bukan perkara mudah. Sebagai pemilik, tentu saja harus memperhatikan bagaimana kondisi kesehatan termasuk pola makan dan kebersihan kandang.

Ternyata, tidak cukup itu saja lho cat lovers apalagi kalau Anda memelihara kucing betina! Misalnya, saat kucing betina pasca melahirkan. Cara merawat kucing induk yang baru melahirkan dengan yang tidak atau sedang melahirkan pastinya berbeda. Lantas, bagaimana tips merawat induk kucing pasca melahirkan dengan benar? Yuk, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Cara Pintar Merawat Induk Kucing Baru Melahirkan Anaknya 

Cara Merawat Induk Kucing yang Baru Melahirkan
  • Membersihkan Badan Kucing
Biasanya, kucing pasca melahirkan akan terlihat lebih kotor dibandingkan dengan kucing sebelum melahirkan. Banyak sekali kotoran yang menempel ditubuhnya sehingga akan terlihat lebih kotor dari biasanya. Jika Anda melihat kondisi demikian, cukup dengan menyisir bulu-bulu kucing agar lebih rapi. Selain itu, setiap sapuan sisir pada bulu kucing juga membantu merontokkan kotoran yang menempel di tubuhnya.

Setelah menyisir badannya, celupkan handuk tebal dalam air hangat kemudian usapkan ke seluruh bagian tubuh kucing. Kemudian, setelah tubuhnya sudah tersapu handuk hangat, keringkan bulu-bulu dengan hair dryer atau handuk kering. Pastikan bahwa setiap helai bulu kucing benar-benar kering untuk menghindari pertumbuhan bakteri.
  • Memberikan Makanan Tinggi Mineral dan Protein
Usai melahirkan, kucing akan terlihat lebih lemas karena banyak mengeluarkan banyak energi saat proses persalinan. Berikanlah makanan yang banyak mengandung protein sebagai sumber tenaga dan memperbaiki sel-sel tubuhnya. Berikan juga makanan tinggi mineral yang dapat membantu memulihkan kesehatan tubuh kucing.

Sebagai pemiliki kucing, Anda tentu harus selektif dalam memberinya makan. Anda bisa memberikan makanan khusus kucing yang biasa dikonsumsi, tetapi harus ditambah porsi makannya. Selain itu, berikan selingan berupa ikan laut yang terkenal kaya protein dua hingga tiga kali seminggu. Sebelum memberikan ikan kepada kucing, rebus atau kukuslah ikan terlebih dahulu dan jangan diberikan mentah begitu saja. Sebab, ikan mentah biasanya masih dihinggapi bakteri yang juga bisa membahayakan kesehatan kucing.
  • Memberikan Tempat Tinggal yang Nyaman
Kucing yang usai melahirkan biasanya lebih sensitif ketimbang sebelum melahirkan. Pilihlah lokasi yang tidak panas, tidak terlalu dingin, tidak bising, dan bersih. Tempat yang demikian ini secara tidak langsung akan membuat kucing sangat nyaman untuk beristirahat sehingga kondisi tubuhnya cepat pulih. Pastikan bahwa induk kucing tidak terganggu oleh kucing-kucing lain sehingga hewan kesayangan Anda tersebut bisa cepat tidur.
Nah, itulah beberapa cara merawat induk kucing yang baru melahirkan. Rawatlah induk kucing dengan baik agar kesehatannya cepat pulih dan bisa menyusui anak kucing dengan baik. Pastikan pula bahwa induk kucing benar-benar menghabiskan porsi makannya sehingga tubuhnya cepat sehat. Yuk,sayangi kucing di rumah ya!
Beginilah Cara Mudah Merawat Induk Kucing Pasca Melahirkan Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum