Selasa, 25 Oktober 2016

Beginilah Cara Memberi Makan Anak Kucing yang Benar

Cara memberi makan anak kucing – Kucing menjadi hewan favorit yang sering dipelihara oleh penduduk Indonesia. Tingkahnya yang lucu dan bentuknya yang menggemaskan membuat banyak orang  senang memelihara hewan berbulu yang satu ini. Untuk menjaga kesehatannya, tidak hanya kebersihan badan saja yang harus diperhatikan, tetapi asupan makanan juga menjadi hal utama untuk diperhatikan lho!

Kandungan gizi pada makanan kucing harus diperhatikan agar tumbuh kembangnya bisa maksimal. Cara memberikan makan anak kucing juga ikut mendukung pertumbuhannya. Yah, memang seiring dengan pertambahan usianya, cara memberi makanan pada kucing juga berbeda. Yuk, simak cara memberi makan anak kucing tanpa induk berikut ini:
Cara memberi makan anak kucing
  • Makanan Tersedia di Piring Makan Kucing
Salah satu tips memberi makan anak kucing baru lahir yaitu dengan menyediakan di atas piring makan. Anak kucing biasanya enggan jalan-jalan untuk mencari makan karena tubuhnya masih terlalu lemah. So, selalu sediakan makanan di atas piringnya agar pada saat kucing ingin makan, dia teidak perlu jalan terlalu jauh. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mendukung pertumbuhan kitten. Namun, waspadai kecenderungan kegemukan atau obesitas ya!
  • Berikan Makan 2 Sampai 3 Kali Sehari
Meskipun anak kucing terlihat lahap makan, Anda jangan sampai memanjakannya dengan meberikan asupan makanan terus-terusan. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan berat badannya sulit dikontrol bahkan bisa memungkinkan terjadi obesitas. Untuk itu, usahakan memberi makan anak kucing hanya 2 atau 3 kali dalam sehari. Cara ini juga terbilang efektif untuk membiasakan kucing makan dengan pola teratur.
  • Hindari Pemberian Dogfood
Nutrisi kucing sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Jangan sesekali Anda mencoba memberikan kucing kesayangan dengan makanan anjing. Meskipun harganya relatif murah, namun nutrisi kandungan makanannya berbeda. Kucing membutuhkan banyak protein, makanan lowfat,  pH rendah, magnesium rendah, taurin, asam arakidonat, dan vitamin seperti niacin dan thiamin.
  • Perhatikan Tekstur Makanan Kucing
Anak kucing baru bisa diberi makan ketika sudah memasuki usia 3-4 minggu. Untuk makanan pertamanya, usahakan teksturnya sangat lembut agar tidak mengagetkan sistem pencernaannya. Rendamlah makanan tersebut di air hangat sampai hancur. Suapilah anak kucing terlebih dulu agar kucing tahu bagaimana cara makan. Setelah dirasa kucing bisa makan sendiri, letakkan makanan tersebut di piring kucing untuk melatihnya mandiri.
Nah, itulah cara memberi makan kucing yang benar. Pemberian makan yang benar tentu saja akan mendukung pertumbuhan badannya dengan maksimal. Pastikan bahwa makanan yang Anda berikan tersebut steril dan tidak terkontaminasi oleh angina atau bakteri yang ada di sekitar. Rajinlah membersihkan piring makannya untuk menghindari kontaminasi bakteri dan virus di dalamnya. Yuk, berikan yang terbaik untuk kucing kesayangan ya!
Beginilah Cara Memberi Makan Anak Kucing yang Benar Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum