Kamis, 10 November 2016

Ketahui, Inilah Cara Mengetahui Berapa Usia Anak Kucing

Usia Berapa Anak Kucing Membuka Mata – Halo cat lovers? Bagaimana kabar kucing kesayangan di rumah? Apakah mereka tetap sehat dan lincah? Yah, kucing menjadi hewan yang paling banyak dipelihara. Tubuh yang mungil dan bulu halus menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang memilihnya untuk dipelihara.

Lantas, bagaimana cara mengetahui berapa usia kucing yang Anda beli? Mengetahui berapa usia kucing yang baru Anda beli tentu saja sangat penting karena berhubungan dengan perawatannya. Biasanya, usia kucing akan disampaikan oleh penjual tempat Anda membeli kucing. Namun, Anda juga bisa memastikannya dengan cara berikut ini.
Usia Berapa Anak Kucing Membuka Mata
  • Carilah Bekas Potongan Tali Pusar
Jika pada saat membeli Anda masih menemukan potongan tali pusar, dipastikan bahwa kucing tersebut baru lahir. Induk kucing akan menggigit tali pusar bayinya hingga putus. Biasanya, bekas potongan yang tersisa akan menggantung di perut kucing dan akan lepas dengan sendirinya pada 3 hari pertama anak kucing.
  • Periksalah Mata Anak Kucing
Berapa lama usia anak kucing membuka mata? Mata menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk memastikan berapa usia kucing. Perlu Anda ketahui, mata kucing berkembang melalui beberapa tahap yaitu mulai terbuka dan selanjutnya akan berubah warna. Dengan memperhatikan dan mengamati perubahan matanya bisa membantu Anda untuk memperkirakan usia anak kucing.

Anak kucing akan membuka matanya ketika sudah memasuki usia lebih dari 14 hari. Namun, beberapa kucing juga ada yang membuka matanya dikisaran usia 7 hingga 10 hari. Jika matanya masih tertutup rapat dan membentuk garis lurus, dipastikan bahwa usianya kurang dari 1 minggu. Jika Anda melihat mata kucing sudah membuka dan masih memicing, kemungkinan dia berusia 2 sampai 3 minggu.
  • Periksalah Telinga Kucing
Sama halnya dengan mata kucing, telinga kucing juga mengalami perkembangan selama awal kehidupannya. Anda bisa mungkin memperkirakan usia anak kucing berdasarkan ciri yang terlihat dari telinganya. Jika telinga kucing melekat erat di kepalanya, kemungkinan dia baru berusia kurang dari 1 minggu. Bayi kucing lahir dengan saluran telinga yang tertutup sehingga telinganya tampak menempel ke kepalanya. Telinga ini akan mulai membuka pada usia antara 5 hingga 8 hari.
  • Periksalah Gigi Susu Anak Kucing
Anak kucing yang belum mempunyai gigi susu bisa diperkirakan usianya kurang dari 2 minggu. Perlu Anda tahu, gigi susu anak kucing akan tumbuh pada usia 2 hingga 3 minggu. Gigi pertama yang tumbuh kemungkinan adalah gigi seri. Untuk mengetahuinya secara langsung, Anda bisa meraba gusi kucing dengan jari.
Nah, itulah cara untuk mengetahui berapa usia anak kucing yang Anda beli. Dengan membaca informasi tersebut, Anda juga dapat mengetahui berapa usia anak kucing membuka mata dan bagaimana perkembangan indra pendengarannya berkembang. Yuk, amati perkembangan kucing sebelum membelinya ya!
Ketahui, Inilah Cara Mengetahui Berapa Usia Anak Kucing Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum