Sabtu, 01 Oktober 2016

Apa Benar Kucing Takut Dengan Air? Ini Informasi Lengkapnya!

Penyebab Kucing Takut Air – Pernahkan anda melihat kucing sedang bermain air atau berenang di kolam? Bahkan bagi mempunyai kucing di rumah, apakah hewan peliharaan yang menggemaskan ini meminta catlovers untuk memandikannya? Pasti jawabanya jarang bahkan hamper tidak pernah. Namun benarkan kucing takut atau benci dengan air?

Pada kesempatan kali ini, tim sukakucing.com akan membahas informasi lengkapnya tentang hal ini. Kucing merupakan hewan yang cukup sensitif dengan berbagai perubahan suhu atau keadaan di sekelilingnya. Tak jarang, kucing melakukan penolakan langsung pada hal-hal yang dirasakan langsung pada tubuhnya seperti terkena air. Namun apakah ini menjadi faktor penyebab kucing takut air?

Dalam hal ini, ada beberapa jenis kucing yang terpengaruh oleh iklim. Untuk iklim dingin sendiri, beberapa kucing yang takut dengan air seperti kucing bobcat, lynx, kucing rumahan (Persia, angora, kampung, dan lainnya). Sedangkan jenis kucing yang termasuk pada klarifikasi iklim panas hangat seperti jaguar, harimau, singa, dan lainnya.

penyebab kucing takut air
Kedua jenis kucing menurut iklim tersebut telah mempengaruhi kebiasaan hingga cirri khasnya. Untuk kucing yang termasuk iklim hangat biasanya, hewan ini tidak takut dengan air karena cuaca yang menjadi habitatnya cenderung panas, sehingga jenis kucing-kucing tersebut sesekali mendinginkan tubuhnya dengan berenang atau berendam di dalam air.

Sedangkan pada kucing yang termasuk iklim dingin, cenderung lebih tidak menyukai berendam air atau terkena air. Penyebab kucing tidak menyukai atau takut dengan air yakni  agar menghindari tubuhnya terhindar dari air dalam jumlah banyak terkecuali saat minum. Biasanya kucing-kucing beriklim dingin menggunakan lidahnya untuk menjilat bulu-bulu kucing agar tubuhnya bersih. Berikut beberapa penyebab utama kucing takut bahkan benci dengan air, simak informasi berikut ini:
  • Badan Kucing Menjadi Lebih Berat
Hal ini disebabkan karena bulu kucing yang cukup tebal dapat menyerap air cukup banyak dan membuat hewan ini kesusahan saat bergerak. Itu sebabnya kucing tidak menyukai air kerana membuatnya tidak bisa bergerak cepat dan membuatnya nampak cemas.

Struktur bulu yang dimiliki kucing cukup unik karena dapat menyerap air dalam jumlah besar dan cukup lama untuk mengeringkannya kecuali menggunakan handuk atau bantuan alat yang lainnya.  Selain membuat masa tubuhnya menjadi berat, air yang terserap banyak pada kuciing akan membuatnya kedinginan bahkan dapat menyebabkan sakit apabila tidak dikeringkan dengan segera.
  • Hidung Kucing Lebih Sensitif
Kelebihan yang dimiliki kucing pada bagian hidungnya tersebut dapat membedakan antara hal yang alami atau tidak. Contohnya saja saat meminum air untuk kebutuhan sehari-hari kucing. Kucing akan meminum air alami dibandingkan air yang telah diolah yang terkandung bahan kimia di dalamnya. Selain tidak meminumnya, bahkan kucing akan menjauhi air olahan tersebut. Itulah salah satu kelebihan yang cukup hebat di miliki oleh kucing.

Namun tahukah anda bahwa ada beberapa jenis kucing beriklim dingin namun menyukai air seperti jenis kucing Bengal dan Turkish Van. Menurut informasi yang di dapatkan, ternyata kucing Turkish Van termasuk perenang yang handal, lho! Setelah membaca informasi menyenai penyebab kucing takut air diatas, semoga dapat menjawab rasa penasaran catlovers, ya!
Apa Benar Kucing Takut Dengan Air? Ini Informasi Lengkapnya! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum