Minggu, 14 Agustus 2016

Tips Merawat Kucing yang Terkena Penyakit Kulit Scabies

Salah satu penyakit yang sering menjangkit kucing kesayangan kita yakni scabies atau penyakit kulit. Penyebabnya karena tungau jenis scabies atau sarcoptes. Tak hanya kucing, bahkan penyakit ini dapat menyerang kelinci, anjing dan manusia.

Siklus hidup tungau atau kutu jenis scabies ini berada dalam induknya, kemudian tungau betina menaruh telur-telurnya dengan cara melubangi kulit kucing dan panjangnya bisa mencapai beberapa centimeter. Bahkan penyakit kulit karena tungau ini menyerang kucing dari anak-anak hingga dewasa. Penularan penyakit ini sendiri melalui kontak fisik secara langsung atau benda-benda yang tercemar seperti kandang, sisir dan lainnya.

cara merawat kucing terkena penyakit kulit scabies
Untuk tanda-tanda kucing terkena penyakit kulit atau scabies ini terlihat bulunya akan rontok disertai menggaruk disekitar telinganya karena gatal. Pada pinggiran daun telinga kucing muncul kerak yang berwarna putih. Apabila tak diobati secara cepat akan menyebar sekitar hidung, kelopak mata, leher hingga wajah. Tak menutup kemungkinan menyebar pada bagian telapak kaki dan daerah perut.

Tak sedikit dari catlovers salah mendiagnosa penyakit kulit yang disebabkan scabies ini dengan ringworm atau jamur. Untuk pastinya, cobalah memeriksa kerokan kulit dibawah mikroskop. Bila catlovers tak memiliki mikroskop bisa konsultasi langsung ke dokter hewan agar tak salah diagnosa.

Cara mengobati kucing yang terkena penyakit kulit atau scabies ini bisa menggunakan obat klasik yakni belerang atau sulfur. Caranya cukup mudah, mandikan kucing menggunakan sabun atau shampoo yang berbahan sulfur dan ditubuhnya direndam pada air yang mengadung sulfur kurang lebih 2-3%. Lakukan hal ini secara berkalah hingga tujuh hari atau sampai sembuh.

Tips menangani kucing terkena penyakit kulit atau scabies lainnya yakni dengan injeksi obat golongan avermectin, seperti doramectin, ivermectin dan selamectin. Cara dengan menyuntikkan obat ini ke dalam tubuh kucing. Lakukan hal ini minim dua kali dalam selam 2 minggu agar penyakit kulit pada kucing ini dapat sembuh dengan total.

Agar kucing kesayangan catlovers terhindar dari penyakit scabies ini, lakukan langkah-langkah pencegahan ini. Perhatikan alat-alat yang biasa digunakan memanjakan kucing seperti sisir, sikat dan lainnya karena virus dari penyakit ini dapat menempel ke benda-benda tersebut. Hindari juga penitipan kucing yang kebersihannya kurang layak.
Apabila salah satu kucing kesayangan catlovers sudah terjangkit penyakit kulit scabies ini, jangan tempatkan dengan kucing lainnya karena dapat menulari dan segera isolasi dengan menanganinya menggunakan shampoo khusus atau membawanya ke dokter hewan agar segera ditangani.

Setelah mengetahui informasi penyebab dan mengatasi kucing terkena penyakit kulit scabies diatas, cobalah memperhatikan kucing anda. Apabila beberapa tips di atas tak dapat mengatasi permasalahan anda, segera bawa ke dokter hewan agar segera di atasi segera.
Tips Merawat Kucing yang Terkena Penyakit Kulit Scabies Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum