Sabtu, 20 Agustus 2016

Nih, Jenis Obat Untuk Yang Tepat Kucing Cacingan

Tak hanya manusia saja ternyata cacing juga dapat menyerangkucing atau binatang mamalia lainnya. Apabila kucing terkena cacing, sistem pencernaannya akan terganggu. Sebelum membahas cara mengatasinya, simak beberapa jenis cacing yang bisa menyerang kucing kesayangan anda.

Untuk yang pertama adalah cacing pita. Tak hanya meresahkan catlovers, cacing pita yang menyerang kucing dapat mengakibatkan mencret bahkan berak berdarah. Apabila anda membiarkan kucing anda, maka akan berdampak pada infeksi usus, kurangnya asupan gizi, badan menjadi kurus bahkan penyumbatan usus. Lebih baik anda mencegah daripada mengobati yakni dengan pemberian obat cacing secara teratur pada kucing agar terhindar dari serangan cacing.

Jenis cacing kedua yang kerap menyerang kucing adalah cacing gelang. Walaupun cacing gelak tak mengakibarkan masalah yang cukup kronis pada kucing dewasa, namun cukup berdampak buruk bagi anak kucing. Karena dapat mengakibatkan perut buncit, mencret atau diare dengan bercak darah dan kurangnya nutrisi pada anak kucing.

Sebelum membahas tentang cara mengobati dan merawat kucing cacingan ada baiknya simak beberapa ciri kucing terkena cacing berikut ini. Sebelum mendiagnosa kucing anda terserang cacing, cobalah cari tahu ciri-cirinya.

Kucing yang terkena cacing biasanya mengalami nafsu makan berkurang, diare disertai muntah yang berlebih bahkan berat badannya berkurang. Lalu bagaimana membasmi cacing pada kucing? Yups, untuk para catlovers harus mengetahui beberapa obat berikut agar mengatasi kucing cacingan.

Obat Mengobati Kucing Cacingan di Pasaran:

  • Vermox
Salah satu obat untuk mengatasi keluhan anda yakni Vermox. Obat ini mengandung mebendazole yang berfungsi untuk membasmi cacing gelang pada kucing. Anda dapat membelinya di apotik atau petshop terdekat.
  • Combantrin (prizer)
Tak hanya mengobati cacingan pada manusia, combantrin (prizer) juga dapat digunakan untuk kucing. Pyrantel yang terkandung pada obat ini dapat mengatasi cacing gelang yang menyerang kucing kesayangan anda.
  •  Drontal Cat (bayer)
Obat yang cukup baik digunakan untuk kucing cacingan adalan drontal cat karena berbahan pyrantel dan prazyquantel yang membabat habis cacing pita ataupun gelang yang terdapat pada tubuh kucing. Anda bisa membelinya di petshop terdekat di kota anda.
  •  Drontal Plus (bayer)
Obat yang mengandung prazyquantel, febantel dan pryrantel ini biasa digunakan pada anjing yang terkena cacing. Namun anda dapat memberikannya pada kucing asalkan dosisnya yang tepat. Perlu diperhatikan, jangan memberikan pada kucing saat hamil karena kandungan febantel menyebabkan cacat pada calon anak kucing.

Itulah beberapa cara merawat kucing cacingan yang dapat kami sampaikan. Namun perlu diperhatikan saat memberikan obat kepada kucing yang sedang hamil karena dapat berdampak buruk pada janin yang dikandungnya. Apabila catlovers masih ragu untuk memberikan obat yang pas pada kucing yang terkena cacing, bisa konsultasi pada dokter hewan agar masalah ini segera diatasi dengan segera.


Tips menghindari keluhan kucing yang terkena cacing, cobalah selalu membersihkan tempat atau kandang dan jaga selalu bersih. Apabila menggunakan pasir untuk tempat membuang kotoran, khususkan satu kotak pasir untuk satu kucing saja agar tak menular pada kucing lainnya.
Nih, Jenis Obat Untuk Yang Tepat Kucing Cacingan Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum