Sabtu, 01 Oktober 2016

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tanda-Tanda Kucing Sedang Hamil

Ciri-Ciri Kucing Hamil - Pasti para pecinta kucing sangat senang apabila kucing kesayangan mereka sedang hamil. Akan tetapi tak sedikit dari pemilik hewan peliharaan berbulu ini tidak mengetahui bahwa kucingnya sedang hamil.

Namun perlu diingat, bahwa kucing akan hamil selama 70 atau sekitar 2,5 bulan dan tidak sama seperti manusia hamil hingga 9 bulan lamanya. Ada beberapa hal yang harus diketahui para pecinta kucing bahwa hewan peliharaannya sedang hamil agar diawasi atau dirawat lebih baik lagi serta proses kelahirannya lancar. Berikut tanda-tanda kucing hamil yang dapat anda perhatikan:

Tanda-Tanda Kucing Hamil

tanda tanda kucing sedang hamil

Perubahan Perilaku yang Tidak Seperti Biasanya

Tak hanya manusia yang mengalami perubahan perilaku atau fisik saat mengandung, hewan pun sama. Kucing kesayangan anda akan mengalami beberapa perubahan perilaku saat hamil seperti berikut ini:
  • Kucing Semakin Manja pada Pemiliknya
Perilaku kucing yang tak biasa saat sedang hamil yakni ingin selalu diperhatikan atau lebih manja pada pemiliknya. Sikapnya menjadi lebih tenang serta lembut, namun apabila mendekati masa melahirkan, tingkah lakunya akan semakin gelisah atau seperti sedang mencari tempat yang lebih nyaman atau hangat untuk tempatnya melahirkan anak-anaknya.
  • Mengalami Muntah-Muntah
Tak hanya manusia saja yang muntah-muntah apabil sedang hamil, bahkan kucing pun mengalami hal ini. Walaupun tanda ini tidak terjadi pada semua kucing hamil, akan tetapi catlovers harus memperhatikan hewan peliharaan apabila hal ini terjadi. Untuk lebih jelasnya, segera membawa kucing kesayangan anda ke dokter hewan terdekat agar segera diperiksa dan memastikan penyebab muntah tersebut. 
  • Waktu Tidur Semakin Sering
Salah satu ciri-ciri kucing sedang hamil lainnya adalah kucing kesayangan anda tidur terus menerus. Jangan terburu-buru memprediksi apabila hewan peliharaan tidur lebih sering daripada biasanya dikarenakan sakit.Lalu bagaimana cara membedakan antara kucing yang tidurnya terus-terusan itu pertanda sedang hamil atau sakit?

Cobalah perhatikan kembali, kucing yang sedang sakit memang akan tidur terus menerus namun ditambahi perilaku lainnya seperti nafsu makan berkurang bahkan tidak mau makan dan membuat badannya menjadi kurus. Sedangkan kucing yang sedang hamil, nafsu makannya bertambah karena saat masa kehamilan, hewan peliharaan membutuhkan protein yang cukup banyak sehingga merasakan lapar yang berkelanjutan. 
  • Hilangnya Siklus Birahi
Biasanya kucing yang sedang hamil akan menurunnya atau bahkan hilangnya siklus birahi. Waktu birahi (estrus) pada kucing rata-rata terjadi antara 1 hingga 1,2 bulan. Apabila anda mencoba melakukan perkawinan dengan kucing lain, namun kucing betina tak merespon dengan baik bahkan mengacuhkan kucing jantan, dapat disimpulkan bahwa kucing kesayangan anda sedang hamil.

Perubahan Fisik yang Cukup Signifikan

  • Puting Kucing Betina Semakin Besar
Apabila catlovers melihat kucing betina kesayangannya mengalami perubahan fisik seperti putingnya semakin membesar serta berwarnanya menjadi kemerah-merahan, itu berarti salah satu tanda-tanda kucing sedang hamil.
  • Bulu Rontok
Dalam hal ini bulu kucing menjadi rontok bukan berarti karena sakit atau terserah parasit, akan tetapi karena mengalami kehamilan. Karena bulu kucing mengalami kerontokan atau menipis hanya pada bagian puting susu kucing.
  • Perut Semakin Besar
Tak perlu diragukan lagi, apabila perubahan fisik hewan peliharaan anda sedang hamil seperti perut kucing membesar dan bukan karena cacingan. Masa kehamilan saat usia 5 minggu, perut kucing akan terlihat semakin besar hingga masa melahirkan anak-anaknya.


Apabila anda masih kebingungan untuk mengatasi ciri-ciri kucing sedang hamil atau tidak, kami sarankan untuk membawa hewan peliharaan kesayangan anda ke dokter hewan untuk melihat berbagai perubahan dan dapat diagnosa apakah kucing hamil atau tidak. Semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan wawasan lebih pada catlovers, ya.
Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tanda-Tanda Kucing Sedang Hamil Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum