Kamis, 08 September 2016

5 Jenis Kucing Langka dan Hampir Punah di Dunia

Kucing Paling Langka di Dunia - Salah satu hewan yang disebut-sebut menjadi sahabat manusia adalah kucing. Hingga saat ini banyak sekali jenis kucing yang dapat anda jumpai mulai dari ras murni hingga persilangan. Seperti kucing kampung, persia, anggora dan lainnya.

Namun tahukah anda, bahwa ada daftar kucing yang cukup langka untuk dijumpai. Pada kesempatan ini, tim sukakucing akan membahas apa saja jenis kucing yang paling langka bahkan terancam punah. Simak informasinya berikut ini!

Kumpulan Kucing Paling Langka di Dunia

  • African Golden Cat
African Golden Cat
Kucing yang jarang dijumpai yang pertama adalah African Golden Cat. Kucing ini hanya bisa dijumpai di daerah hutan hujan khatulistiwa. Walaupun nama kucing ini terdapat 'golden' namun bulu pada hewan ini tak seperti emas.

Bahkan ada yang melihat African Golden Cat dengan warna bulu emas kemerahan hingga abu-abu agak gelap. Karena memiliki warna bulu yang unik ini, membuat African Golden Cat banyak diburu oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan hanya mementingkan keuntungan saja.
  • Kurilian Bobtail
kucing langka di dunia
Ras kucing yang cukup langka selanjutnya yakni Kurilian Bobtail. Kucing ini bukan berasal dari rekayasa genetika akan tetapi memang terbentuk secara alami. Kurilian Bobtail sendiri hidup di Pulau Kuril, di sebuah pulau terpencil yang diperebutkan oleh Rusia dan Jepang. Hewan berbulu yang menggemaskan ini memiliki sifat independen serta cukup cerdas.
  • Andean Mountain Cat
kucing langka di dunia
Kucing yang habitatnya cukup terbatas hingga saat ini adalah Andean Mountain Cat atau nama lainnya Leopardus Jacobita. Kucing yang biasa hidup di daerah pegunungan seperti Peru, Argentina, Chile dan Bolivia. Populasinya semakin berkurang karena kucing ini hanya dapat bertahan hidup di daerah tertentu.


Andean Mountain Cat ini diperkirakan di dunia hanya ada 2500 ekor dengan ciri khas memiliki ekor panjang serta tebal. Tubuhnya sebanding dengan kucing kampung bahkan sedikit lebih besar, sehingga tak heran gerakannya cukup lincah dan dapat bertahan hidup di pegunungan.
  • Caracal
Kucing yang dapat tumbuh baik di daerah Asia Selatan, Asia Barat dan Afrika namun saat ini populasinya semakin sedikit ini adalah Caracal. Memiliki bentuk seperti kucing khas Amerika Utara, Karacal dapat tumbuh hingga tiga meter. Bahkan kucing ini lebih suka tinggal di daerah gurun atau gunung, walaupun di daerah tersebut minim air. Meskipun saat ini jarang ditemui, kucing Caracal terkadang dibawang oleh manusia untuk dijadikan hewan peliharaan.

kucing terlangka di dunia
Kata carakal sendiri diambil dari bahasa Turki "karakulak" atau "telihat hitam". Kucing yang cukup langka ini sekilas menyerupai Lynx Eurasia namun banyak beranggapan sebagai kerabat dari kucing jenis lynxes. Warna bulu pada kucing Caracal bervariasi seperti abu-abu, anggur atau kecoklatan seperti pasir. 
  • Pallas
Salah satu hewan berbulu yang dianggap menjadi kucing paling tua di dunia dan diperkirakan telah hidup sekitar 12 juta tahun yang lalu ini memiliki nama Pallas atau biasa dikenal manul. Bulu yang dimiliki kucing Pallas cukup tebal dan panjang, sedangkan pada ukuran badanya hampir sama seperti kucing rumah pada umumnya. 

kucing paling tua dan langka
Ciri khas lainnya terdapat pada bagian telinga yang lebih rendah dan berfungsi untuk bersemunyi saat mengincar mangsa. Perbedaan mencolok dibandingkan kucing ras lainnya yakni pada bagian matanya yang cukup bulat serta jumlah giginya sedikit.  Akan tetapi, populasi kucing Pallas di dunia semakin langka dan sulit dijumpai di alam liar.

Hingga saat ini, cukup banyak jenis kucing yang langka di dunia bahkan hampir punah karena campur tangan manusia atau karena alam. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan bagi catlovers.
5 Jenis Kucing Langka dan Hampir Punah di Dunia Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum