Sabtu, 01 Oktober 2016

Cara Mudah Memandikan Kucing di Rumah

Tips Memandikan Kucing Di Rumah – Pastinya catlovers akan senang melihat kucing kesayangannya memiliki bulu yang rapi dan bersih dan sebaliknya. Bulu kucing merupakan salah satu faktor yang membuat kucing nampak menarik di depan manusia termasuk pemiliknya. Memandikan kucing dengan baik dan benar merupakan hal yang harus dilakukan bagi para pemilik hewan peliharaannya karena dapat mempengaruhi kebersihan bulu kucing.

Walaupun begitu, memandikan kucing bisa dikatakan bukan perkara yang mudah. Apabila catlovers memandikan kucing tanpa tahu tipsnya maka, akan membuatnya stress bahkan mencakar karena sifat dasar kucing yang tak suka air. Lantas, bagaimanakah cara memandikan anak kucing baru lahir agar tubuhnya tetap sehat dan segar? Untuk itu, tim sukakucing.com akan membahas tentang bagaimana sih memandikan kucing di rumah yang baik dan benar. Simak informasinya berikut ini:

memandikan kucing di rumah

Cara Aman Memandikan Kucing di Dalam Rumah

  • Ketahui Kapan Waktu yang Tepat Untuk Memandikan Kucing
Kucing memang tidak setiap saat harus dimandikan seperti seorang manusia. Anda hanya perlu memandikannya sesekali agar bulu-bulunya wangi dan jauh dari penyakit yang mengintai. Mandikanlah kucing ketika bulunya sudah terlalu dekil dan terlihat ada kutu di sela-selanya.

Intensitas mandi antara kucing yang sering di rumah dengan yang hobi main ke luar rumah tentu saja beda. Kucing yang sering diajak jalan di luar rumah harus sering dimandikan agar tetap sehat dan terhindar dari bahaya penyakit. Biasanya, penyakit yang sering menempel pada tubuh kucing yaitu berupa kutu yang suka menyelinap di sela-sela tubuhnya.
  • Potong Kuku Terlebih Dahulu
Kenapa harus potong kuku terlebih dahulu sebelum mandi? Kucing terkadang bersikap ekstrem ketika dimandikan karena tidak biasa mandi. Oleh karena itu, potonglah kukunya terlebih dahulu agar ketika ia mulai bersikap di luar kontrok tidak sampai melukai Anda. Kucing memang biasa menggunakan kukunya tersebut untuk melindungi diri dari musuhnya.
  • Siapkan Peralatan Mandi
Sama halnya manusia yang akan mandi, kucing yang akan dimandikan juga perlu dipersiapkan apa saja yang bisa membuat badannya kembali segar dan bersih. Siapkan handuk bersih, sabun, dan sampo kucing di sebelah Anda memandikan kucing. Jangan lupa untuk menyiapkan ember yang sedang sebagai tempat kucing berendam sesaat.
  • Melihat Kondisi Kucing
Sebelum memandikan kucing kesayangan anda di bak mandi, pastikan kaki belakangnya sudah berpijak pada bak mandi. Peganglah tengkuknya secara perlahan agar kucing dalam posisi tenang di bak mandi. Apabila catlovers mengalami kesulitan, bisa mengajak orang lain untuk membantu.
  • Lakukan Secara Bertahap
Untuk mengatasi kucing berontak saat dimandikan, coba melakukannya secara bertahap seperti membasahi pada bagian kaki dulu lalu di diamkan sebentar. Setelah itu bahasahi pada bagian lainnya.  Saat melakukan proses ini, jangan gugup karena kucing dapat merasakannya dan membuatnya tak nyaman dan ikut gugup juga.
  • Mencuci Bulu Kucing
Setelah membasahi semua tubuh kucing, hal selanjutnya yakni mencuci bulu kucing dengan shampoo.  Mulailah dari bagian leher hingga ekor serta beri beberapa pijatan lembut agar kucing tenang dan memberontak.  Hindari menggunakan shampoo  di daerah kepala seperti mulut, hidung, mata dan telinga. Karena akan berdampak buruk bagi hewan peliharaan anda. Untuk membersihkan bagian kepala, lebih baik menggunakan lap basah.
  • Membilas Hingga Bersih
Hal selanjutnya yakni membilas shampoo yang masih menempel pada tubuh kucing dengan air bersih. Setelah itu lakukan membilas kedua kalinya dengan air hangat, agar tak ada sisa-sisa shampoo yang menempel pada bulu kucing.
  • Proses Mengeringkan Bulu
Proses ini cukup penting agar kucing tak sakit setelah di mandikan. Ambilah handuk bersih dan keringkan semua bagian tubuh kucing dengan menggosok secara perlahan. Lakukan proses ini secara berulang-ulang hingga bulu kucing benar-benar kering dan bersih.

Alternatif lain untuk menggeringkan bulu kucing menggunakan hair dryer. Usai dibilas hingga bersih, bungkuslah tubuh kucing dengan menggunakan handuk. Setelah itu, keringkan tubuhnya dengan menggunakan hair dryer agar lebih cepat kering.Pastikan bahwa semua bagian tubuhnya benar-benar bersih sebab jika masih ada bagian yang lembap atau basah akan mendatangkan kutu atau bakteri.

Setelah membaca beberapa tips memandikan kucing dengan benar di rumah yang kami sampaikan, semoga dapat memberikan wawasan bagi para pecinta kucing. Bila anda takut atau tidak mau repot, bisa menggunakan alternatif lain dengan membawa kucing kesayangan anda ke salon khusus hewan.
Cara Mudah Memandikan Kucing di Rumah Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum