Sabtu, 20 Agustus 2016

Apa Benar Memelihara Kucing Dapat Menyebabkan Kita Mandul?

Benarkah Kucing Menyebabkan Kemandulan - Banyak beranggapan bahwa wanita memelihara kucing dapat menyebabkan mandul. Salah satu bagian tubuh kucing yang dikatakan penyebab wanita mengalami kemandulan adalah bulunya. Sebelum tahu dengan pasti bahwa penyebab manusia bisa mandul karena memelihara kucing, carilah dahulu informasi yang menguatkan akan hal tersebut.

Sebelum memastikan bernarkan kucing menyebabkan kemandulan, simak informasi dari Dr. Anita D. Hastuti. Beliau mengatakan memang ada potensi wanita yang memelihara kucing dapat mengalami kemandulan bahkan keguguran. Hal ini diperkuat karena Toxoplasma. Penyakit Toxoplasma ini sebenarnya bukan berasal dari virus melainkan parasit.

Untuk para penduduk yang tinggal di daerah tropis salah satunya Indonesia, prosentase untuk terkena toxoplasma cukup tinggi. Namun semua itu tergantung pada daya tahan atau kekebalan tubuh manusia sendiri.
Benarkah Kucing Menyebabkan Kemandulan
Lalu, cara penularan Toxoplasma seperti apa? Menurut Dr. Anita, apabila kucing peliharaan anda terjangkit Toxoplasma, maka parasit tersebut akan keluar bersama kotorannya. Bila bulu kucing terkena kotoran yang mengandung

Toxoplasma, kemudian bulu tersebut tak sengaja termakan oleh manusia maka parasit tersebut akan masuk dalam tubuh.Apabila ibu hamil terkena Toxoplasma, maka kemungkinan besar janinnya akan keguguran. Karena Toxoplasma sendiri menyerang sel telur dan merusaknya. Hal ini menyebabkan sperma tak bisa melakukan pembuahan. Akibatnya wanita sulit untuk hamil.

Tak hanya pada kotoran saja, penularan Toxoplasma juga ditemukan pada makanan yang belum dimasak atau makanan-makanan yang masih mentah. Seperti karedok, sayuran mentah, salad dan lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penularan Toxoplasma dapat diminimalisir yakni selalu menjaga kesehatan serta kebersihan kucing. Berikut beberapa tips yang dapat catlovers perhatikan:
  • Menjaga Kebersihan Kucing
Tak hanya menjaga kesehatan hewan peliharaan saja, namun kebersihan kucing juga harus diperhatikan betul agar kotorannya tidak dibuang di sembarang tempat. Apabila ditaruh pada kandang, selalu perhatikan kotak pasirnya untuk tempat membuang kotorannya.
  • Memberi Vaksin Pada Hewan Peliharaan
Hal yang harus dilakukan secara rutin yakni memberi vaksin pada hewan peliharaan. Fungsi utama vaksin agar kucing kesayangan anda terhindar dari penyakit berbahaya termasuk Toxoplasma.
  • Kekebalan Tubuh Catlovers Harus Dijaga
Apabila Toxoplasma masuk dalam tubuh, akan tetapi dampak buruknya dari parasit ini bisa ditekan dengan tubuh yang tetap sehat. Karena penyakit ini tidak akan berkembang pada tubuh manusia pada imun dan tubuh yang sehat.
  • Jangan Terlalu Sering Kontak Langsung dengan Kucing
Memang benar, memelihara kucing cukup menyenangkan karena kita dapat mengelusnya setiap hari. Namun hal ini akan berdampak buruk pada kita, apabila dilakukan terlalu sering. Asalkan setelah memegang kucing, catlovers cuci tangan atau selalu menjaga kebersihan kucing, penularan toxoplasma dapat diminimalisir.


Itu beberapa informasi tentang "benarkah kucing menyebabkan kemandulan" yang dapat kami sampaikan. Sebelum mengetahui hal pasti tentang bulu kucing adalah penyebab toxoplasma yang berdampak mandul pada wanita atau pria, cobalah mencari tahu lebih dalam tentang hal ini. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat menambah wawasan bagi catlovers.
Apa Benar Memelihara Kucing Dapat Menyebabkan Kita Mandul? Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum