Kamis, 10 November 2016

Apa Saja Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan? Nih, Informasinya!

Ciri Kucing Mau Melahirkan – Sebelum masa melahirkan anak-anaknya, induk kucing memiliki masa kehamilan kurang lebih 60-70 hari atau sekitar 2 bulan lamanya. Apabila anda memiliki kucing ras seperti kucing anggora, Persia dan jenis ras lainnya harus diperhatikan betul beda dengan kucing-kucing kampung yang memiliki insting cukup tajam.

Namun bagi para catlovers harus memperhatikan kucing kesayangannya yang akan melahirkan walaupun bukan dari rasa tau hanya kucing kampung.

Perhatian lebih diberikan pada kucing yang akan melahirkan seperti suhu badan dan pola makan agar nutrisi pada induk kucing dapat terjamin. Pada kesempatan kali ini, suka kucing akan membahas lebih dalam tentang ciri-ciri kucing yang akan melahirkan:

Tanda-Tanda Kucing yang Mau Melahirkan

  • Terlihat Mencari Tempat
Biasanya sebelum 3 hari melahirkan anak-anaknya, induk kucing akan membuat rumah catlovers menjadi lebih ramai karena tingkah lakunya. Seperti menjatuhkan perabotan rumah, ingin masuk ke dalam lemari atau apapun yang dapat dilakukannya. Hal ini dilakukan oleh kucing kesayangan anda karena ingin memberitahu bahwa akan melahirkan di tempat yang cukup nyaman dan hangat seperti masuk ke dalam lemari.
  • Mengeong Terus Menerus
Kucing saat akan melahirkan anaknya biasanya mengeong terus menerus atau lebih sering daripada biasanya. Hal ini bukan berarti kucing telah melihat makhluk halus atau mitos yang lain dan sudah beredar di masyarakat hingga saat ini , namun hal ini bisa jadi menjadi salah satu tanda kucing akan melahirkan.
  • Nafsu Makan Berkurang
Ciri-ciri pada tingkah laku kucing yang akan melahirkan yakni nafsu makan menjadi lebih sedikit tidak seperti biasanya. Hal ini dikarenakan, kucing sedang dalam konsentrasi agar lahirannya lancar. Sebelum mengetahui tanda yang pasti, jangan langsung diprediksi bahwa kucing sedang sakit. Cobalah mencari tahu kenapa nafsu makan hewan peliharaan catlovers berkurang.
  • Tidur Terus Menerus
Bagi induk kucing yang mendekat masa-masa melahirkan, hal yang cukup sering dilakukannya adalah dengan tidur menerus. Untuk lama tidur kucing yang tak mengandung antara 17-18 jam dalam sehari, sedangkan memasuki masa melahirkan, induk kucing akan tidur lebih lama dari itu. Hal ini bisa menjadi tanda bagi para catlovers untuk lebih memperhatikan kucing kesayangan akan melahirkan.
  • Mengeluarkan Air Seperti Kencing
Apabila masa kehamilan semakin mendekati akhirnya, calon induk kucing akan mengeluarkan air seperti kencing. Namun air tersebut bukan air kencing melainkan air ketuban yang keluar karena akan mendekati masa melahirkan.
  • Semakin Sulit Bergerak
Tak hanya perut kucing yang semakin membesar karena hamil, tingkah laku kucing yang mau lahiran lainnya adalah semakin tidak cekatan atau gesit seperti biasanya. Bahkan kucing kesayangan anda akan nampak sulut bergerak dan lebih sering menjilati tubuhnya.
  • Mengeluarkan Cairan Kolustrum
Saat hari-hari mendekati atau kurang lebih seminggu sebelum kelahiran, hewan peliharaan anda akan mengeluarkan cairan kolustrum atau biasa disebut jolong. Cairan ini berasal dari kelenjar susu dan menandakan bahwa sebentar lagi anak kucing akan keluar dari rahim induk kucing. Warna dari cairan kolustrum biasanya kekuningan serta kental.
  • Air Ketuban Pecah
Tanda kucing akan melahirkan yang cukup mencolok adalah keluarkan air ketuban pada induk kucing. Apabila hal ini sudah terlihat, tandanya anda harus menyiapkan beberapa kebutuhan yang dapat membantu persalinan kucing lebih lancar seperti menyiapkan kandang yang nyaman dan hangat sampai cadangan makanan bagi induk dan anak kucing.


Setelah membaca informasi yang kami sampaikan tentang ciri-ciri kucing akan melahirkan diatas, catlovers harus lebih memperhatikan kucing kesayangannya. Agar induk kucing dapat melakukan proses melahirkan anaknya dengan lancar dan tanpa kendala. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.
Apa Saja Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan? Nih, Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum