Kamis, 10 November 2016

5 Cara Mengobati Kucing Demam Dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Terkena Demam – Tanda yang biasa terjadi saat kucing demam yakni suhu tubuhnya menjadi lebih tinggi dari biasanya. Gejala ini biasanya timbul karena tubuhnya melawan virus penyakit. Rata-rata suhu normal untuk kucing sekitar 37,7 hingga 39,1 derajat celcius. Anda dapat menggunakan thermometer agar lebih mudah mengetahui suhu tubuh kucing.

Penyebab kucing terkena penyakit demam terdiri dari beberapa indikator seperti peradangan, infeksi jamur, virus penyakit, kekebalan tubuh menurun, hingga alergi oleh obat-obatan. Suhu badan yang tinggi memang dapat membantu kekebalan tubuhnya agar berfungsi lebih efektif, namun demam yang cukup tinggi memiliki efek yang cukup merugikan bagi kucing.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Terkena Demam
Apabila hal ini dibiarkan, maka akan berdampak pada kerusakan otak kucing kesayangan anda. Pada kesempatan kali ini, tim sukakucing akan membahas tentang beberapa cara mengobati kucing demam dengan mudah. Yuk, simak beberapa tipsnya.

Kumpulan Cara Mengatasi Kucing Demam

  • Mendinginkan Tubuh Kucing
Salah satu cara alternatif tanpa menggunakan obat yakni dengan mendinginkan tubuh kucing yang terkena demam. Caranya dengan membawanya ke ruangan sejuk atau meletakkan kipas angin yang mengenai tubuh kucing. Bila perlu gunakan batalan es pada tubuhnya atau cakarnya. Apabila kucing tak rewel, cobalah untuk membasuhkan air ke tubuhnya, karena penguapan cukup efektif mendinginkan suhu badan kucing yang berlebih.
  • Memberi Air Putih yang Cukup
Saat kucing mengalami demam maka tubuhnya akan mengalami dehidrasi, untuk itu catlovers perlu menyediakan air minum yang cukup banyak. Hal ini merupakan salah tips menangani kucing saat terkena demam secara alami tanpa melakukan obat.
  • Memberi Suplemen Energi dan Vitamin B
Selain obat-obatan, catlovers dapat memberikan suplemen energi serta vitamin B untuk meningkatkan nafsu makannya. Biasanya kucing tidak mau makan lantaran tubuhnya yang kurang sehat. Apabila dibiarkan saja dan jarang makan, kondisi kucing semakin buruk. Selain menambah nafsu makan, suplemen energi dan vitamin Bdapat memberikan nutrisi yang tidak di dapatkan pada makanan kucing.
  • Memilih Obat Antidemam yang Aman
Obat antidemam bagi kucing yang cukup baik yakni tolfenamic acid karena dapat menangani berbagai permasalah demam termasuk trauma, tumor, infeksi dan penyakit lainnya pada kucing. Tolfenamic acid dapat diberikan kepeda kucing yang terkena demam dengan dosis 1 tablet untuk 3-5 hari khusus berat badan kucing hanya 1,5 kg sebaganyak satu tablet per hari. Sedangkan bagi kucing yang memiliki berat mencapai 4,5 kg, anda dapat memberikan 3 tablet dalam per harinya.
  • Menggunakan Meloxicam
Salah satu obat yang cukup efektif untuk meredakan demam kucing yakni Meloxicam. Obat tak hanya dapat digunakan untuk kucing saja, namun anjing juga. Dosis pada kucing mencapai 0,5 mg/ml sedangkan untuk anjing 1,5 mg/ml sesudah makan. Sebelum memberikan obat ini kepada kucing anda, perhatikan dosis yang tepat agar tak overdosis.

Perlu diperhatikan juga saat memberikan meloxicam pada kucing yakni kurang lebih 0,5 mg/ml agar tidak overdosis. Selain itu, pemberian meloxicam sendiri tidak diperbolehkan pada kucing yang kekurangan cairan. Karena akan berdampak gagal ginjal yang disebabkan kekurangan cairan sehingga fungsi ginjal menjadi lebih lemah serta pasokan darah kurang pada ginjal.


Setelah membaca beberapa penyebab dan cara merawat kucing yang terkena demam, semoga dapat mengatasi permasalah catlovers. Namun perlu diperhatikan, jangan sesekali memberikan obat demam untuk manusia ke kucing. Karena hal itu dapat membahayakan bahkan beracun untuk kucing. Apabila tips diatas belum manjur, segeralah mengunjungi dokter hewan terdekat di kota anda.
5 Cara Mengobati Kucing Demam Dengan Mudah Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum