Kamis, 10 November 2016

Tips Pintar Menangani dan Penyebab Kucing Tak Mau Makan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan – Salah satu keluhan bagi para catlovers yakni kucing kesayangannya tak mau makan. Bahaya kucing tidak mau makan akan membuat tubuhnya menjadi lemas, karena asupan gizi bagi tubuh yang selama ini harus dicukup sehari-hari tidak ada yakni makanan dan minuman.

Apabila hal ini terus terjadi, tak hanya kucing saja bahkan hewan lainnya akan mengalami penurunan berat badan dan berdampak buruk bagi kesehatannya. Pada umumnya hewan yang tak mau makan akan tidur terus menerus dan kurus karena sistem fisiologi badan tak dapat membakar lemak dengan baik di jaringan tubuh. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan? Berikut informasi lengkapnya:
Kucing Tidak Mau Makan

Kumpulan Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

  • Bosan dengan Makanan yang Diberikan
Faktor kucing tidak nafsu makan biasanya hewan peliharaan anda telah bosan dengan makanan yang biasa anda berikan. Selain itu, faktor penyebab lainnya adalah sakit dan mengakibatkan nafsu makan berkurang bahkan hilang.
  • Terkena Penyakit pada Bagian Mulut
Bahkan faktor kucing tidak nafsu makan lainnya karena adanya penyakit pada mulut hewan peliharaan anda. Tak hanya manusia saja, kucing juga bisa terkena sariawan, sakit gigi, gusi berdarah bahkan gusi bengkak. Hal ini menyebabkan tingkah laku kucing berbeda daripada biasanya dan nafsu makannya akan berkurang.
  • Adanya Masalah di Bagian Sistem Pencernaan
Kucing yang mengalami metabolisme terganggu maka efeknya akan membuat hewan peliharaan anda susah makan dan membuat sistem pencernaan juga tidak bekerja dengan baik. Apabila ini dibiarkan saja maka akan menyebabkan radang akut hingga kronis pada bagian membran yang berfungsi utnuk melapisi usus besar.

Adanya benda asing yang masuk ke dalam perut kucing akan menyebabkan sistem pencernaannya terganggu juga, seperti bulu kucing yang ikut masuk di dalamnya atau biasa disebut hairbaill sehingga pencernaan menjadi tersumbat.

Catlovers juga dapat mengenali masalah pencernaan kucing dengan melihat tingkah lakunya sehari-hari. Sepertinya adanya penurunan pada berat badan, muntah tiba-tiba, pergerakan lamban bahkan lemas hingga diare atau mencret. Anda harus segera mengenali segera penyebab kucing yang sedang sakit agar dapat segera diobati. 
Sebelum membawanya ke dokter hewan, coba beberapa cara dibawah ini untuk menangani permasalahan anda.

Cara Mengatasi kucing yang tidak mau atau susah makan

  • Mengganti Makanan yang Biasa Diberikan
Biasanya makanan kering khusus kucing atau dry food memang memiliki bau yang cukup tajam dan menyebabkan nafsu makan berkurang. Anda dapat mensiasatinya dengan mencampur makanan kering dengan makanan basah kalengan khusus untuk kucing seperti friskies atau whiskas agar merangsang nafsu makan kucing anda.

Apabila ingin hasil yang lebih baik, anda dapat memberikan makanan dengan merk Science Diet. Selain aroma yang dimiliki makanan jenis ini lebih tajam namun kandungan nutrisi di dalamnya lebih lengkap. Namun perlu diketahui, makanan merk Science Diet ini hanya boleh diberikan sesekali saja bukan setiap hari.
Walaupun makanan basah dapat merangsang nafsu makan kucing, namun memiliki dampak negative juga apabila diberikan setiap hari yakni dapat menyebabkan karang dan flek yang berlebih pada gigi kucing.
  • Memberi Vitamin penambah Nafsu Makan 
Apabila kucing kesayangan anda berkurang nafsu makannya atau bahkan tidak mau makan, tips mengatasi kucing tidak mau makan dengan menggunakan vitamin atau suplemen perangsang nafsu makan khusus hewan peliharaan. Salah satu suplemen yang dapat catloves gunakan adalah vitamin B kompleks, biasanya berbentuk sirup atau tablet.

Ada suplemen lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan anda yakni memberinya asam amino lisin (lysine). Tak hanya membuat nafsu makan kucing menjadi terangsang, suplemen ini juga dapat mengurangi bahkan mengatasi perkembangan virus herpes yang menyebabkan flu pada kucing. Kedua suplemen tersebut akan terlihat efeknya setelah diberikan pada kucing dalam beberapa hari. Apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, dapat membawanya ke dokter hewan terdekat agar meminimalisir terjadinya overdosis.
  • Tube Feeding
Pernah mendengar tube feeding? Salah satu alat bantu yang dapat anda gunakan apabila nafsu makan kucing berkurang bahkan tidak mau makan dengan cara memasukkan makanan langsung pada perut kucing dengan menggunakan selang. Apabila catlovers tidak tega atau tak terbiasa melakukannya, bisa membawanya ke dokter hewan. 
  • Memancing Nafsu Makan
Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi kucing tidak mau makan atau susah makan adalah dengan memberikan makanan basah dari kalengan. Anda dapat membelinya di petshop atau toko binatang di dekat rumah anda. Untuk merangsang nafsu makan kucing, anda bisa memberikan makanan basah di sebuah tempat atau piring agar dapat dicium oleh kucing.

Selain itu, catlovers juga bisa oleskan sedikit makanan basah ke dalam mulutnya. Bau daging yang cukup kuat dapat memangkitkan nafsu makan kucing yang susah makan. Namun apabila masih tidak mau makan, mungkin ada penyebab lainnya yang membuat kucing susah makan.
  • Mencoba Mensuapi Kucing
Selain cara memancing nafsu makannya atau mengganti makanan, anda dapat mensiasatinya dengan mensuapi kucing kesayangan anda. Cara dengan menggunakan tangan, sendok atau syringe (suntikan yang tidak ada jarumnya). Lalu makanan kucing basah atau kering dilumatkan hingga hancur. Anda dapat memegang kucing secara perlahan lalu mensuapinya atau memasukkan suntikan makanan cair ke dalam mulutnya. Apabila menggunakan sryinge, tekan secara perlahan agar kucing dapat mengunyah dengan baik. 


Setelah membahas tentang cara mengatasi dan penyebab kucing yang tidak mau makan atau susah makan di atas, semoga dapat mengatasi permasalahan catlovers ya. Apabila tips di atas masih belum bisa mengatasinya, cobalah konsultasi ke dokter hewan terdekat di kota anda.
Tips Pintar Menangani dan Penyebab Kucing Tak Mau Makan Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum