Kamis, 21 Juli 2016

Kenapa Kucing Bisa Terkena Penyakit Jamur? Nih, Solusi Mengatasinya!

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Terkena Penyakit Jamur – Salah satu penyakit yang cukup menyebalkan dan kerap terjadi pada kucing kesayangan anda yakni jamuran. Penyebab kucing terkena jamur adalah dari virus Ringworm atau jenis jamur yang hidup di bagian bulu dan kulit.

Ciri-ciri kucing anda terkena penyakit jamur yakni  bulu kucing mulai rontok atau semakin membotak, terkadang kulit menjadi kering dan mirip seperti ketombe. Tak hanya itu, rontokan kulit kering yang terkelupas terlihat seperti sisik dan pada daerah bulu yang rontok terlihat kulitnya iritasi berwarna kemerahan seperti gatal atau terluka.

Penyakit jamuran pada kucing ini apabila dibiarkan dapat menularkan kepada kucing anda lainnya melalui kontak kucing langsung atau satu rumah. Virus Ringworm ini akan menyebar pada bagian bulu atau tempat seperti kandang, tempat makan, lantai, sisir dan lainnya. Bagi pecinta kucing, usahakan untuk terus menjaga tempat atau kandang kucing dan lingkungan agar tetap bersih.
 Cara Mengatasi Kucing Terkena Penyakit Jamur
Apabila kucing kesayangan anda sudah terkena penyakit jamur Ringworm, cobalah beberapa cara yang sukakucing rekomendasikan untuk mengobati penyakit yang cukup membandel pada kucing Persia, anggora, dan jenis kucing lainnya. Yuk, simak informasi lengkapnya:

Cara Merawat Kucing Terkena Penyakit Jamur Ringworm

Obat Minum atau Dalam untuk Membasmi Kucing Jamuran

  • Itraconazole
Salah satu obat yang dapat menyembuhkan kucing kesayangan anda dari penyakit jamur yang cukup membandel. Pemberian obat ini 2 x 2 minggu dan diberikan bersama makanan berlemak agar penyerapan obat lebih maksimal. Namun efek sampingnya akan membuat si puss mengalami nafsu makan menjadi menurun dan muntah. Usahakan juga agar tak memberikan obat ini pada kucing yang sedang hamil akan berakibat buruk bagi si kucing.
  • Ketoconazole
Obat yang cukup dikenal untuk mengatasi kucing jamuran yakni Ketoconazole. Obat ini dapat diberikan saat anda memberikan makanan yang berlemak dan lagi-lagi berfungsi agar penyerapan obat lebih baik. Setiap obat pasti memiliki efek samping, begitu juga dengan obat ini. Kucing akan mengalami mual-mual, muntah dan nafsu makan berkurang bahkan hilang.
  • Fluconazole
Fluconazole merupakan obat minum untuk mengobati kucing terkena jamuran. Catlovers dapat memberikan kepada kucing yang menderita penyakit kulit dari ringworm setiap hari hingga dua hari sekali selama satu munggu atau sampai sembuh. Namun efek samping pada obat ini yakni gangguan hati. Perhatian keras, jangan berikan obat ini pada kucing yang sedang hamil.

Obat dari Luar untuk Kucing yang terkena Jamur

  • Lime Sulfur 0.5 – 5%
Lime sulfur atau biasa disebut belerang merupakan obat yang cukup dikenal untuk mengatasi penyakit jamur. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan mencelupkan kucing ke dalam larutan belerang hingga merata ke seluruh tubuh. Setelah itu, keringkan bulu atau badan kucing dengan handuk bersih. Pada dasarnya kucing takut dengan air, anda dapat menggunakan spray atau semprotan yang mengandung larutan belerang yang dapat anda temui di petshop terdekat.
  • Shampoo
Anda dapat menggunakan shampoo khusus yang memang digunakan untuk mengatasi jamur pada kucing. Biasanya shampoo tersebut telah mengandung Povidone Iodine dan sulfur dan anda dapat membelinya di petshop atau apotik.  Shampoo tersebut dapat membasmi jamur jenis Trichophyton dan Microsporum yang memicu jamur ringworm pada kucing.
  • Bedak atau Obat Oles
Selain kedua obat diatas, anda bisa menggunakan obat oles untuk meredakan penyakit jamuran di kucing. Kami sarankan memakai minyak VCO (virgin Coconut Oil) dan bisa ditemukan di apotik-apotik terdekat kota anda. Minyak VCO cukup aman bagi kucing yang menderita penyakit jamuran dan tak hanya itu, obat ini juga mengatasi bulu rontok pada kucing. 


Itulah penyebab dan cara mengatasi kucing terkena penyakit jamur. Agar hasil lebih maksimal gunakan salah satu cara diatas dan melakukannya secara teratur agar virus ringworm yang menjangkit kucing kesayangan anda lagi. Selamat mencoba.
Kenapa Kucing Bisa Terkena Penyakit Jamur? Nih, Solusi Mengatasinya! Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum