Kamis, 10 November 2016

Penyebab Kucing Muntah Berbusa Hingga Lemas dan Cara Menanganinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah – Apakah kucing kesayangan anda pernah mengalami muntah? Sebenarnya kucing muntah masih bisa dianggap normal, namun bagi catlovers harus mengetahui penyebab si puss bisa muntah.

Kejadian kucing tiba-tiba muntah disebabkan oleh berbagai faktor seperti makan terlalu cepat, makanan yang terlalu keras sehingga membuatnya sulit untuk dicerna dan berbagai faktor lainnya. Saat kucing muntah, terjadi kontraksi oto perut dan membuat tekanan dalam perut sehingga isi pada lambung akan keluar.

Biasanya ciri-ciri kucing akan muntah yakni timbul tanda suara desakan saat isi lambung sudah masuk ke kerongkongan. Untuk itu, kami akan membahas beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing muntah mulai berbusa hingga lemas. Yuk, simak informasinya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah

Apa Saja Penyebab Kucing Muntah?

  • Kucing Mengalami Sakit
Salah satu virus yang cukup mematikan yang membuat kucing muntah-muntah berwarna dan diiringi diare atau mencret kekuningan yakni panleukopenia. Kucing yang mengalami sakit karena virus ini tergolong cukup parah dan apabila dibiarkan akan berdampak buruk bagi kucing. Untuk itu, apabila sudah terjadi tanda-tanda seperti itu segeralah membawa si puss ke dokter hewan agar bisa dirawat dan cepat sehat kembali.
  • Terlalu Kenyang
Hal ini bisa terjadi saat kucing tiba-tiba memuntahkan makanannya dan saat diberi makan kucing tidak mau memakannya, bisa jadi hewan peliharaan anda sudah kekenyangan. Namun hal ini terjadi saat kucing terkena gejala flu. Catlovers dapat memberikan ondansetron untuk menanganinya. Bagi kucing dewasa 1/2-1 sedangkan anak kucing 1/4 dosis.
  • Kucing Sedang Hamil
Penyebab kucing muntah selanjutnya yakni karena sedang hamil. Kucing betina yang sudah dewasa dan sedang mengandung anaknya akan mengalami muntah-muntah atau mual sama seperti manusia. Namun muntahannya biasanya terjadi setelah makan.
  • Keracunan  Zat Kimia
Kucing rumahan biasanya dilepas di dalam rumah dan tak diberi kandang, agar lebih leluasa dan tak mengalami stress. Namun dampak negatifnya yakni, apabila kucing minum air yang mengandung zat kimia seperti sabun pembersih lantai atau pencuci piring akan mengakibatkan kucing muntah berbusa dan lemas. Usahakan menyediakan air minum tersendiri untuk kucing anda, agar terhindar dari ancaman kucing keracunan.
  • Bulu Kucing
Kok bisa bulu kucing menyebabkan muntah pada si puss? Yak, biasanya kucing memakan bulunya sendiri saat menjilati tubuhnya. Tak sedikit dari kucing menempelkan lidahnya pada bulu dan akhirnya memakannya. Dampak yang terjadi yakni kucing akan memuntahkan bulu yang tertelan.

Cara Pintar Mengatasi Kucing Muntah

Sebelum menangani kucing muntah, anda harus mengetahui apa penyebabnya. Hal pertama yang dapat anda lakukan yakni dengan segera membersihkan muntahan kucing dan jangan sampai termakan atau dijilati oleh kucing lainnya. Setelah itu, semprotkan bekas muntahan dengan desinfektan atau cairan anti septik agar kuman yang ada pada bekas muntahan kucing tidak menyebar.

Pertolongan lainnya yang dapat mengatasi kucing tiba-tiba muntah yakni dengan memberi air minum yang baru dan bersih. Air putih sendiri merupakan obat yang cukup ampuh dan sudah terkenal khasiatnya untuk menetralisir reaksi serta membersihkan pencernaan kucing yang terganggu.

Catlovers juga dapat memberikan multivitamin kepada kucing kesayangan anda agar menambah ketahanan tubuhnya. Apabila kucing muntah karena sakit atau virus maka segeralah membawanya ke dokter hewan untuk ditangani secara intensif. Namun apabila kucing sedang hamil tiba-tiba muntah itu masih wajar.

Sama halnya dengan kucing tiba-tiba memuntahkan bulu, sebenarnya hal itu bagus karena bulu yang ikut termakan saat kucing menjilat tubuhnya dapat keluar. Itulah kumpulan penyebab dan cara mengobati kucing muntah yang dapat kami sampaikan.

Penyebab Kucing Muntah Berbusa Hingga Lemas dan Cara Menanganinya Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum