Kamis, 21 Juli 2016

3 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Tanpa Ke Dokter Hewan

­­­­­­­­Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sakit Mata – Saat ini banyak sekali orang yang memiliki hewan peliharaan salah satunya kucing. Hewan dengan suara ciri khasnya mengeong ini terlihat menggemaskan dan lucu saat melakukan aksi lucu seperti ingin bermain. Namun saat memelihara kucing, ada kalanya terdapat beberapa kendala seperti sakit mata.

Penyebab kucing terkena sakit mata biasanya dari kotoran. Apabila kotoran yang ada dimata kucing dibiarkan saja dan menempel, lama kelamaan akan menimbulkan kerak menghitam dan mengeras.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sakit Mata
Kotoran yang menjadi kerak akan mengandung kuman dan bakteri di area mata dan menyebabkan kucing belekan atau matanya berair terus menerus. Apabila tidak diobati dengan segera, maka kucing menjadi sakit mata yang cukup parah.
 
Untuk itu, kali ini kami akan membahas tentang cara mudah mengobati atau menangani kucing yang terkena sakit mata. Catlovers juga dapat menanganinya tanpa harus ke dokter hewan untuk menghemat anggaran anda. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Pintar Mengobati Kucing Sakit Mata

  • Membersihkan Mata Kucing
Apabila mata kucing terlihat belekan, segeralah untuk membersihkan dan memperhatikan kucing. Agar tak melukai atau membuat mata kucing infeksi, bersihkan dengan kapan halus. Cara awal yang dapat dilakukan agar mencegah kucing sakit mata tak menjadi parah yakni dengan membersihkan mata kucing anda dari belekan.
  • Menaruh Kucing di Kandang
Cara kedua yang dapat dilakukan yakni dengan memisahkan kucing yang terkena sakit mata dengan kucing lainnya. Yakni dengan menaruh di kandang yang berbeda agar tak menulari kucing lainnya. Apabila anda hanya memiliki seekor kucing saja, tetaplah untuk menaruhnya di kandang dan perhatikan kebersihan kandang juga. Apabila kucing dibiarkan berkeliaran, akan memungkinkannya bermain di tempat kotor yang mengakibatkan memperparah penyakit mata yang diderita oleh kucing kesayangan anda.
  • Memberi Obat
Tips mengatasi kucing terkena sakit mata selanjutnya yakni dengan memberinya obat, apabila terlihat mata kucing sudah tertutup karena belekan. Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obat alternatif yang tak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Seperti yang diketahui bahwa penyakit mata atau belekan pada kucing disebabkan karena virus dan mengatasinya dengan antibiotik.

Daun sirih mengandung antibiotik yang cukup baik untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal pertama yang dilakukan yakni dengan membersihkan belekan menggunakan kapas hapus dan usap secara perlahan hingga bersih.

Kemudian siapkan daun sirih yang telah dipetik dan bersihkan dengan air bersih dan rebus hingga air mendidih. Air hasil rebusan daun sirih yang telah dingin diteteskan pada mata kucing yang belekan. Obat lainnya bisa menggunakan Teramicin yang dikhusukan untuk mengatasi mata kucing yang sakit atau belekan.

Obat sakit mata Teramicin dapat anda jumpai di apotik dan harganya pun cukup terjangkau. Setelah mengoleskan obat tersebut, tunggu hingga beberapa saat sampai belekan mulai berkurang pada bagian mata. Berikan obat ini 1 hari sekali, apabila tak sembuh juga lebih baik membawanya ke dokter hewan terdekat.


Setelah membahas tentang penyebab dan cara mengatasi atau merawat kucing sakit mata, dapat disimpulkan bahwa catlovers harus memperhatikan hewan peliharaannya agar tak terkena penyakit ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat mengatasi masalah catlovers.
3 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Tanpa Ke Dokter Hewan Rating: 4.5 Posted By: Umi Kulsum